RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMA MIFTAHUSSA’ADAH
Mata Pelajaran :
PENJASORKES
Kelas/Semester :
X (Sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 1.
Mempraktekan
berbagai teknik dasar permainan olahraga, dan nilai – nilai yang terkandung di
dalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktekan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan sepak bola lanjutan
dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan.
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
-siswa
dapat melakukan teknik dasar mengumpan,menendang, menahan dan menggiring bola
-siswa
dapat melakukan permainan sepak bola dengan variasi dan kombinasi dalam mengumpan,menendang,
menahan dan menggiring bola
-siswa
dapa bermain bola dengan bekerjasama dengan menumbuhkan sikap sportifitas yang
tinggi
v Karakter siswa yang diharapkan : - Percaya diri,toleransi,
sportif, menghargai lawan
2. Materi
Pembelajaran
-teknik dasar menendang,
mengumpan dan menggiring bola
-latihan variasi dan
kombinasi teknik menendang, menggiring dan menahan bola
-bermain sepak bola dengan
peraturan yang dimodifikasi
3. Metode
Pembelajaran:
-
Demonstrasi
-
Permainan ( games )
4. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan ke 1 dan 2
Apersepsi :
·
Berdoa
·
Salam
·
Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan sepak bola
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik untuk
selalu berlatih permainan sepak bola
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberikan peserta didik untuk
dapat melakukan permainan sepak bola sesuai dengan peraturan yang berlaku
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan penilaian kepada
peserta didik
F Memberikan apresiasi terhadap
peserta didik
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakuka.
C. Kegiatan Penutup
- Pendinginan (colling down)
- Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
- Berbaris dan berdoa
5. Sumber
belajar
a.
PENJASORKES (buku sekolah elektronik ) Diknas
b.
PENJASORKES (Putra Angkasa)
6. Penilaian
- 1. Teknik dan Bentuk Penilaian
- a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
- Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Mengumpan
|
Mengontrol
|
Menggiring
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||
dsb
|
||||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12 |
Penilaian Proses = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
- Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… > 20 kali
|
…… > 16 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
16 – 19 kali
|
13 – 15 kali
|
90%
|
Baik
|
12 – 15 kali
|
9 – 12 kali
|
80%
|
Cukup
|
8 – 11 kali
|
6 – 8 kali
|
70%
|
Kurang
|
……. < 8 kali
|
……. < 6 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… > 20 kali
|
…… > 15 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
16 – 19 kali
|
12 – 14 kali
|
90%
|
Baik
|
11 – 14 kali
|
8 – 11 kali
|
80%
|
Cukup
|
7 – 10 kali
|
5 – 7 kali
|
70%
|
Kurang
|
……. < 7 kali
|
……. < 5 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- b. Tes Sikap (Afektif)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
dst
|
|||||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18 |
Penilaian Afektif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
- c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||
dst
|
||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20 |
Penilaian Kognitif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan teknik-teknik menendang bola
permainan sepakbola!
|
2.
|
Jelaskan yang dimaksuk dengan off-side
permainan sepakbola!
|
3.
|
Jelaskan cara melakukan menendang bola!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan menggiring bola!
|
5.
|
Jelaskan cara melakukan menggiring,
mengontrol dan mengumpan bola!
|
- 2. Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
9.
|
|||||||
10.
|
|||||||
NIlai Rata-rata
|
Nilai Akhir (NA) = —————————————–
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
( Aminah S.Ag )
NIP
/NIK : ......................................
|
Tangerang,18 Januari 2012
Guru Mapel PENJASORKES
( Nuryadin )
NIP
/NIK : ..............................
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar