TUGAS
MATA KULIAH PEMASARAN DAN PROMOSI INFORMASI
NAMA DOSEN: DRS. H. RIZAL SAIFUL HAQ, M.A.
DISUSUN OLEH
Rima Gloria Rizqy
108025000041
VII / B
FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA
JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2011-2012
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji dan syukur saya panjatkan
kehadirat Allah Swt., Tuhan semesta alam. Karena berkat
nikmat dan rahmat-Nya, maka
laporan individu Kuliah PEMASARAN DAN PROMOSI INFORMASI
ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penulisan laporan ini bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat pembelajaran pada mata kuliah Kuliah PEMASARAN
DAN PROMOSI INFORMASI. Selain itu, tujuan saya dalam penulisan laporan ini adalah untuk
mendapatkan pengetahuan dalam mencoba untuk mempraktekan ilmu perpustakaan yang selama ini telah dipelajari khususnya dalam bidang perpustakaan
informasi
serta untuk memperdalam teknik observasi dan wawancara saya kepada pustakawan di
fakultas adab dan humaniora
Dalam penulisan laporan ini saya menyadari bahwa masih terdapat kekurangan-kekurangan, hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan teknik yang kami miliki. Dan dalam kesempatan ini saya juga
ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat
dalam pelaksanaan ataupun pembuatan laporan ini, yaitu kepada ibu Yusnimar S.IP selaku pustakawan di
fakultas Adab dan Humaniora, dan bapak DRS. H.
RIZAL SAIFUL HAQ, M.A. yang telah
membimbing dan banyak
mengajarkan saya mengenai bagaimana cara pemasaran dan mempromosi informasi yang ada. Serta kepada seluruh pihak yang
telah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Tak ada
gading yang tak retak, demikian juga saya sebagai penulis yang hanya manusia
biasa dapat menyadari akan hal itu. Oleh karena itu, kritik dan saran yang
sangat membangun untuk laporan ini, sangat kami
harapkan. Selanjutnya saya hanya berharap, laporan ini dapat
bermanfaat bagi para pembaca.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Bandung, Februari 2011
Penulis
DAFTAR ISI
I. EXECUTIVE SUMMARY....................................................................................................................1
II. LATAR BELAKANG .........................................................................................................................2
II. MAKSUD DAN TUJUAN..................................................................................................................3
III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN..................................................................................4
IV.ANALISIS SWOT ..............................................................................................................................5
V.
STRATEGI PEMECAHAN MASALAH ..........................................................................................6
VI. BENTUK ACTION
PLAN................................................................................................................7
VII.
LAMPIRAN .....................................................................................................................................8
VIII. PENUTUP......................................................................................................................................9
PROGRAM KERJA USULAN ACTION PLAN PEMASARAN PRODUK JASA
PADA PERPUSTAKAAN ADAB DAN HUMANIORA
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
I. EXECUTIVE SUMMARY
Pemasaran jasa perpustakaan dapat diartikan sebagai upaya
mendekatkan dan mempromosikan jasa yang diselenggarakan perpustakaan demi kepentingan pengguna serta
untuk meningkatkan keefektifan informasi
yang dimiliki perpustakaan.
Pemasaran jasa perpustakaan mencakup pula
pemasaran informasi
Perpustakaan
dapat dikatakan sebagai suatu lembaga yang membantu orang-orang datang untuk
memanfaatkan jasanya. Menurut pengertian ini, perpustakaan tidak dimaksudkan
sebagai lembaga yang ingin mencapai tujuan laba, tetapi lebih mengutamakan
pelayanan kepada masyarakat.
Pemasaran
sebagai fungsi bisnis, mengidentifikasi kebutuhan dan tuntutan yang belum
terpenuhi, menentukan siapa pelanggan atau pengguna dari suatu produk atau jasa
(yang disebut dengan pasar target) yang dapat dilayani dengan sebaik-baiknya
oleh organisasi, menetapkan produk, jasa atau layanan dan program program untuk
melayani pasar-pasar tersebut, dan mengundang setiap orang dalam organisasi
untuk berfikir dan melayani pelanggan. Jadi suatu definisi praktis dari fungsi
pemasaran memasukan tiga segi mengindentifikasi kebutuhan pembeli dan pembeli
potensial dalam pangsa pasar mereka,Memuaskan kebutuhan itu dengan menjual jasa
atau produk sesuai, membuat laba (Katz, 1991:1).
II. LATAR BELAKANG
Pemasaran adalah suatu usaha penawaran
dan mendekatkan produk kepada konsumen yang terjadi berdasarkan asas pertukaran. Pemasaran jasa
perpustakaan dapat diartikan sebagai upaya mendekatkan dan mempromosikan jasa
yang diselenggarakan perpustakaan demi
kepentingan pengguna serta untuk
meningkatkan keefektifan informasi yang dimiliki perpustakaan.
Keberhasilan pemasaran jasa perpustakaan ditentukan oleh pengelolah
perpustakaan dalam memberikan jasa dan
oleh pengguna yang mengakui bahwa perpustakaan dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan mereka. Ketersediaan
informasi pada perpustakaan tersebut menyebarluaskan dan memasarkan informasi
yang dimiliki.
Pemasaran jasa perpustakaan mencakup pula pemasaran
informasi. Sejak dulupun sebenarnya informasi dapat dianggap sebagai suatu
komoditas yang dapat diperjual-belikan. Perbedaannya dengan komoditas lain
adalah informasi tidak pernah habis dipasarkan. Informasi tetap akan berada
pada pemiliknya bahkan bias terus bertambah meskipun pengguna informasi
tersebut suatu saat dapat menjadi pesaing. Dengan kata lain, informasi akan
makin bertambah jika informasi tersebut makin banyak digunaakan. Sebaliknya
komoditas atau suatu benda akan makin menumpuk bila tidak dipasarkan atau
digunakan. Apabila dengan adanya teknologi informasi, bertambah pula kekayaan
informasi, karena teknologi tersebut membantu dan memudahkan penghimpunan,
penyebaran, sirkulasi dan perolehan umpan balik ( Barry Jones, 1983 ).
Perpustakaan
dapat dikatakan sebagai suatu lembaga yang membantu orang-orang datang untuk
memanfaatkan jasanya. Menurut pengertian ini, perpustakaan tidak dimaksudkan
sebagai lembaga yang ingin mencapai tujuan laba, tetapi lebih mengutamakan
pelayanan kepada masyarakat.
Pemasaran
sebagai fungsi bisnis, mengidentifikasi kebutuhan dan tuntutan yang belum
terpenuhi, menentukan siapa pelanggan atau pengguna dari suatu produk atau jasa
(yang disebut dengan pasar target) yang dapat dilayani dengan sebaik-baiknya
oleh organisasi, menetapkan produk, jasa atau layanan dan program program untuk
melayani pasar-pasar tersebut, dan mengundang setiap orang dalam organisasi
untuk berfikir dan melayani pelanggan. Jadi suatu definisi praktis dari fungsi
pemasaran memasukan tiga segi mengindentifikasi kebutuhan pembeli dan pembeli
potensial dalam pangsa pasar mereka,Memuaskan kebutuhan itu dengan menjual jasa
atau produk sesuai, membuat laba (Katz, 1991:1).
Pemasaran
di perpustakaan tidak memasarkan produk barang, tapi produk jasa, dalam hal ini
adalah jasa informasi. Perpustakaan memiliki kekayaan yang bisa dipasarkan
didalam kepentingan user/pemakai perpustakaan. Koleksi buku-buku baru,jurnal
majalah, dokumen, kliping, jasa layanan peminjaman, jasa layanan penelusuran.
Kesemuanya itu merupakan komoditi yang patut dipertimbangkan bagaimana cara
memasarkannya.
Menurut Gronroos 1990 terdapat 6 kriteria kualitas jasa yaitu:
1. Professionalism and Skills (penyedia jasa memiliki pengetahuan dan
ketrampilan untuk memecahkan masalah)
2. Attitudes and Behavior (karyawan menaruh perhatian besar untuk membantu dan
ramah)
3. Accessibelity and Flexibility (seluruh sistem, lokasi, jam buka, dirancang
untuk memudahkan pelanggan, dan menyesuaikan permintaan pelanggan)
4. Reliability and Trustworthiness (Apapun yang terjadi telah disepakati,
dapat diandalkan menepati janji dan mengutamakan pelanggan)
5. Recovery (jika terjadi kesalahan maka penyedia jasa akan mengambil tindakan
untuk mengendalikan situasi)
6. Reputation and credibility (Penyedia jasa dapat dipercaya dan memberikan
nilai yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan)
5 PENENTU KUALITAS JASA
1.
KEANDALAN: kemampuan untuk
melaksanakan jasa dengan terpercaya dan akurat
2.
DAYA TANGGAP: kemauan untuk
membantu pelanggandan memberikan jasa dengan cepat
3.
KEPASTIAN: Pengetahuan dan
kesopanan petugas, serta kemampuan mereka menimbulkan kepercayaan dan keyakinan
4.
EMPATY: Kesedian untuk peduli,
memberi perhatian pribadi pada pelanggan
5.
BERWUJUD: penampilka fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasik
II. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan dari dilaksanakan dua produk jasa ini adalah :
1.
Untuk lebih memanfaatkan perpustakaan Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2.
Sebagai salah satu kegiatan promosi di perpustakaan Adab dan
Humaniora UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta
3.
Agar semakin banyak lagi pemustaka yang datang ke perpustakaan
untuk mengenal perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana
edukasi atau sarana rekreasi.
III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu
: Periode Tahun Ajaran
2012/2013
Tempat : Perpustakaan Adab dan Humaniora
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Ciputat, Jakarta
IV.ANALISIS SWOT
1.
STRENGTH / KEKUATAN
Kekuatan
yang terdapat pada perpustakaan Adab dan Humaniora adalah pada wifi dan
koleksinya yang cukup luas sehingga ada ruang yang bisa dimanfaatkan untuk
kegiatan lain di perpustakaan yang juga mendukung program dan visi misi
perpustakaan.
2.
WEAKNESS / KELEMAHAN
Kelemahan
dari perpustakaan Adab dan Humaniora adalah kurangnya ruang baca sempit sehingga
yang berkunjung ke perpustakaan terlihat sangat sempit jika terlihat dari depan
perpustakaan Adab dan Humaniora
3.
OPPORTUNITY / PELUANG
Peluang
yang terdapat pada Perpustakaan Adab dan Humaniora adalah pada banyaknya
mahasiswa fakultas Adab dan Humaniora dan yang lebih utama mahasiswa yang
berhubungan dengan teknologi ini seharusnya dapat memanfaatkan teknologinya di
perpustakaan untuk membantu pengmbangan perpustakaan.
Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terhadap perkembangan penting yang akan mempengaruhi perusahaan
Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terhadap perkembangan penting yang akan mempengaruhi perusahaan
4. THREATMENT
/ TANTANGAN
Di setiap perpustakaan fakultas memiliki wifi atau
bisa dikatakan internet grais. Tetapi disini di fakultas Adab Dan Humaniora
memiliki wifi yang sangat memuaskan bagi penggguna dan cepat mengakses data
yang dibutuhkan. Jadi bisa memacu untuk datang ke perpustakaan Adab dan
Humaniora.
V.
STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
Setelah
dilakukan analisis SWOT, ternyata banyak terdapat permasalahan yang tentunya
harus bisa diselesaikan jika pelaksanaan action plan ini dilaksanakan. Strategi
pemecahan masalah ini adalah dengan:
1. Mampu
mengatur waktu dan jadwal pelaksanaan action plan dengan baik sehingga tidak
terlalu mengganggu jadwal waktu berkunjung pemustaka
2. Mampu
memberikan pengertian dalam bentuk pengumuman dengan jelas sehingga pemustaka dapat
memahami dan cepat beradaptasi dengan action plan yang akan dilaksanakan
VI. BENTUK ACTION
PLAN
1. Jasa Papan iklan
Maksudnya adalah perpustakaan pada waktu-waktu tertentu bisa saja
melaksanakan dalam betuk memasangkan Papan iklan dalam 2 minggu sekali yang
kiranya dapat mengajak orang-orang agar berkunjung ke perpustakaan. Sehingga
perpustakaan dapat ramai dan sering ke perpustakaan.
2. Jasa
bimbingan diskusi
Jasa ini
dimaksudkan untuk memberi waktu dan tempat bagi mahasiswa untuk lebih sering
datang ke perpustakaan untuk berdiskusi tentang mata kuliah. Pustakawan sebaiknya
mengetahui sedikit tentang Adab dan Humaniora
Atau jika tidak mengetahui tentang ilmu-ilmu tentang paling tidak pustakawan
mengetahui literatur apa saja yang sesuai tentang Adab
dan Humaniora yang tepat untuk didiskusikan.
3. Serta
usulan dalam website Perpustakaan
Adab Dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai identitas dari
perpustakaan agar lebih dikenal dan memiliki ciri khas dari
perpustakaan-perpustakaan fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
VII.
MATRIKS ACTION PLAN
NO.
|
NAMA
ACTION PLAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
TEMPAT PELAKSANAAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
SUMBER DANA
|
KET
|
1
|
Jasa papan iklan
|
-
2minggu sekali
|
Ruang Baca Perpustakaan Adab dan Humaniora
|
Kepala Perpustakaan Adab dan Humaniora
|
Anggaran Perpustakaan
|
|
2
|
Jasa bimbingan diskusi
|
1 minggu 1 kali
|
Ruang Baca Perpustakaan Adab Dan Humaniora
|
Petugas jaga perpustakaan saat hari tersebut
|
Anggaran Perpustakaan
|
|
3
|
Pengusulan pembuatan website perpustakaan
|
Awal tahun pelajaran 2012 - 2013
|
Perpustakaan Adab dan Humaniora
|
Kepala Perpustakaan Adab dan Humaniora
|
Anggaran perpustakaan dan sponsor
|
VIII. PENUTUP
Demikianlah Program Kerja Usulan Action Plan Pemasaran Produk
Jasa di Perpustakaan Adab Dan Humaniora Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yang telah saya buat, sebagai bahan pertimbangan Bapak DRS. H. RIZAL SAIFUL HAQ, M.A dalam menyusun program kerja Perpustakaan Adab dab
Humaniora pada tahun ajaran 2012/2013 yang akan datang.
Atas perhatian, bantuan serta dukungan Bapak, kami
ucapakan terima kasih.
Jakarta
, 25 November 2011
LAMPIRAN
ANGGARAN PROGRAM ACTION PLAN
JASA INFORMASI PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN
ADAB DAN HUMANIORA
UIN SYARIF
HIDAYATULLAH JAKARTA
Pengeluaran :
- Jasa Papan Iklan
Administrasi Rp 100.000,-
Pembelian lemari papan kaca
1 unit Rp 2.000.000,-
Publikasi Rp 100.000,-
+
Jumlah
Jasa Papan Iklan Rp 2.200.000,-
- Jasa Bimbingan Diskusi
Transport tambahan untuk
pembimbing diskusi Rp 500.000,-
Pangadaan ATK dan pemeliharaan
ruang diskusi Rp 500.000,-
+
Jumlah
Jasa Bimbingan Diskusi Rp 1.000.000,-
- Jasa usulan
websiteperpustakaan Rp 1.500.000,-
Jumlah
Keseluruhan Action plan Rp 3.700.000,-
Pemasukan
:
- APBN Perpustakaan Sains dan teknologi Rp 2.700.000,-
- Donatur dan Sponsor Rp
1.000.000 ,- +
Jumlah Rp
3.700.000,-
LAMPIRAN
Penjelasan :
v website secara keseluruhan memakai dengan website senayan, ini dimaksudkan karena
perpustakaan Adab dan Humaniora UIN
Syarif hidayatullah Jakarta dapat digunakan oleh siapapun.
v website juga dibuat mirip dengan dengan
website senayan agar lebih dimengerti dan dipahami oleh pemakai dengan adanya website
perpustakaan, pemakai bisa juga digunakan diluar perpustakaan Adab dan
Humaniora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar