Senin, 19 Desember 2011

Sang Pencerah,Ranah Tiga Warna,Ahmadinejad,

1.       Judul                     : Sang Pencerah
Pengarang          : Akmal Nasery Basral
Penerbit              : Mizan
Tema                     : Perjuangan menegakkan kebenaran dan mendirikan kehidupan
  yang lebih baik.
Karakter tokoh  : Sri Sultan Hamengkubuwono VII            : Tegas, adil, bijaksana.
                                  Kiai Dahlan                                                        : Tegas, bijaksana, penyayang.
                                  Darwis                                                                                : Cerdas, kritis, sabar, pantang menyerah.
                                  Pono                                                                   : Lugu, lucu, jujur.
                                  Sukar                                                                   : Lugu, lucu, periang.
                                  Kiai Penghulu Kholil Kamaludiningrat     : Tegas, egois, diktator,
  tidak mau menerima saran orang lain.
  KH. Muhammad Fadlil                                  : Tegas, taat, tawadhu, banyak membantu
  masyarakat.
                                  Siti Walidah                                                       : Sabar, keibuan, penuh kasih sayang.
                                  Mas Noor                                                          : Tegas, emosional, kurang terbuka dengan
  orang lain, pemikirannya kolot.
Setting                  : Keraton, pedesaan, pesantren, zaman penjajahan Belanda.
Plot/alur               : Maju, mengalir apa adanya.
Gaya bahasa      : Ringan, mudah dicerna.
Manfaat buku   : Novel ini memberikan motivasi bagi setiap pembacanya karena di dalamnya menceritakan tentang perjuangan seorang anak muda dalam menegakkan ajaran yang dia anggap benar. Selain itu novel ini juga menceritakan tentang sejarah perjuangan sang tokoh yaitu Ahmad Dahlan.

2.       Judul                     : Ranah Tiga Warna
Pengarang          : Ahmad Fuadi
Penerbit              : Gramedia Pustaka Utama
Tema                     : Perjalanan dan perjuangan hidup seorang anak kampung yang berhasil meraih impian dan cita-citanya dengan segala keterbatasan.
Karakter tokoh  : Alif Fikri              : Cerdas, gigih, pantang menyerah.
                                  Ayah                    : Tegas, bijaksana.
                                  Ibu                       : Sabar, pantang menyerah, penyayang.
                                  Rusdi                   : Lucu, suka berpantun.
                                  Raisa                    : Cerdas, cantik, baik hati.
                                  Bang Togar        : Tegas, keras, pekerja keras.
Setting                  : Kampus, perkotaan, luar negeri.
Plot/alur               : Maju, flashback.
Gaya bahasa      : Ringan, mudah dicerna.
Manfaat buku   : Novel ini memberikan motivasi bagi setiap pembacanya karena di dalamnya menceritakan tentang perjuangan seorang anak muda dalam mengejar cita-citanya.



3.       Judul                     : Ahmadinejad The Lion from Aradan
Pengarang          :
Penerbit              : Gramedia Pustaka Utama
Tema                     : Perjalanan dan perjuangan hidup seorang anak kampung yang berhasil meraih impian dan cita-citanya dengan segala keterbatasan.
Karakter tokoh  : Alif Fikri              : Cerdas, gigih, pantang menyerah.
                                  Ayah                    : Tegas, bijaksana.
                                  Ibu                       : Sabar, pantang menyerah, penyayang.
                                  Rusdi                   : Lucu, suka berpantun.
                                  Raisa                    : Cerdas, cantik, baik hati.
                                  Bang Togar        : Tegas, keras, pekerja keras.
Setting                  : Kampus, perkotaan, luar negeri.
Plot/alur               : Maju, flashback.
Gaya bahasa      : Ringan, mudah dicerna.
Manfaat buku   : Novel ini memberikan motivasi bagi setiap pembacanya karena di dalamnya menceritakan tentang perjuangan seorang anak muda dalam mengejar cita-citanya.
     

“Jatuh Cinta Aja Kok Repot”

“Jatuh Cinta Aja Kok Repot”
Pengarang : Josephine Damayanthi
Penerbit     : Grasindo

Awal mula cerita novelnya pada saat Stella bermimpi bahwa mamanya mengatakan “Stella kamu adalah bintang bagi mama”. Saat terbangun Stella langsung sarapan dengan menu yang sama setiap harinya. Mama Stella adalah wanita karir yang sibuk sampai tidak ada waktu untuk Stella. Saat di sekolah Stella bertemu Thejo hari itu ada pelajaran kimia. Pelajaran itu sangat tidak di sukai oleh Stella. Ia pun membolos pelajaran itu bersama Thejo. Hari itu adalah hari dimana Stella bolos untuk pertama kalinya. Stella kembali ke sekolah setelah pelajaran kimia selesai. Memang sepertinya hari itu adalah hari yang buruk bagi Stella karena mereka berdua ketahuan membolos oleh Pak Stevan. Akhirnya Stella mendapatkan surat panggilan dari Pak Stevan. Stella merasa takut saat memberikan surat itu kepada mamanya. Mamnya datang ke sekolah tetapi anehnya mamanya Stella tidak marah kepadanya. Saat di panggil ke sekolah Pak Stevan tidak membicarakan soal Stella membolos. Lalu Pak Stevan memberikan pelajaran tambahan kepada Stella tetapi itu bukanlah hukuman. Sebaliknya Thejo mendapatkan hukuman karena mengajak Stella membolos. Stella merasa bersalah kepada Dita karena Dita mencintai Thejo. Stella sesungguhnya menikmati setiap detik dengan Thejo. Stella pun diminta untuk membuatkan puisi untuk Thejo tetapi Stella berat untuk mengatakan tidak karena sesungguhya stella juga mencintai Thejo tetapi untuk sahabatnya ia pun rela. Stella marah dan merasa dikhianati pada saat pulang sekolah Pak Stevan jalan berduaan dengan mamanya layaknya orang yang sedang berpacaran. Mama Stella adalah singel parents lalu dengan perasaan marah Stella pergi dengan Thejo ke Cafe Ceria dan menangis tersedu-sedu. Thejo membelikan jus dan tisu untuk menenangkan Stella layaknya orang dewasa dan sangatlah pengertian.
Pada malam minggu Stella sendiri karena mama Stella pergi ke acara undangan dengan temannya. Stella mencoba membuka kunci untuk membuka berangkas yang ada di ruang kerja mamanya. Stella mendapatkan di ruang kerja mamanya foto-foto mamanya dengan pria yang dikira papanya. Pria yang dikira papanya menikah dengan adik mamanya. Pak Stevan adalah pacar dari adik mamanya dan dikhianati oleh wanita itu karena menikah dengan pacar mamanya Stella begitu juga mamanya. Adik mamanya dan suaminya meninggal akibat kecelakaan pesawat. Mamanya Stella pulang dan kaget karena melihat Stella membuka dokumen, foto dan surat milik mamanya. Stella merasa bersalah terhadap mamanya dan mamanya Stella pergi dengan segera untuk menenangkan diri ke rumah Pak Stevan. Stella menyuruh Thejo datang ke rumahnya dan meminta tolong untuk menelepon Pak Stevan. Tak berselang lama Stella mendapatkan telepon dari Dita dan Stella merasa bersalah terhadap Dita karena Stella sedang Bersama Thejo. Dengan sikap yang ketus Thejo di suruh pulang Thejo pun pulang dengan bingungnya. Stella merasa bersalah terhadap perbuatanya ke Thejo tetapi Thejo tetap tenang dan tegar. Stella sudanh mengetahui bahwa dirinya bukan anak kandung mamanya. Thejo salah pengertian dikira Stella yang suka mengirimkan puisi tetapi sesungguhnya Dita lah yang mengirimkan puisi kepadanya dengan bantuan Stella. Setiap kali Dita meminta dibuatkan puisi dan dibalas Thejo, Stella merasa sakit hatinya. Thejo tahu kalau itu puisi buatan Stella untuknya tetapi hanya saja Stella tidak ingin jujur. Sempat Thejo merasa sakit dan dibohongi tetapi Thejo tetap menunggu Stella karena dia yakin sesungguhnya Stella mencintainya. Dita sedih karena Thejo tidak mencintainya dan meminta agar puisi-puisi balasannya dikembalikan. Stella merasa bersalah kepada Dita, ia tidak ingin sahabatnya terluka dan sedih. Thejo memberikan CD dan surat kalau dia suka Stella. Sampai dirumah Stella membaca surat-surat dari mama dan papa kandungnya dan Stella tahu kalau mereka berdua meninggal karena kecelakaan pesawat. Stella merasa kesal kepada mama Sarah karena tidak mau memeaafkan mama dan papa kandungnya dan mengakibatkan mama dan papa kandungnya meninggal. Stella ketahuan oleh Ardilla dan Dita sedang berpelukan dan berduaan di Cafe Ceria. Thejo pun meninggalkan Stella karena Stella merasa bahwa semua gara-gara Thejo dia kehilangan dua sahabatnya. Stella merasa kalau dia seperti mama dan papa kandungnaya yang telah berkhianat kepada mama Sarah. Dengan berbagai masalah akhirnya Stella jatuh pingsan Thejo mengabari Ardilla dan Dita tetapi dua sahabatnya itu tidak mau datang karena masih marah. Mama sarah bilang kalau mencintai itu gampang tetapi mengampuni itu sulit. Mama menceritakan semua kenapa orangtua kandung Stella meninggal karena kecelakaan dan akhirnya Stella mengerti bahwa mama Sarah telah mengampuniorang tua kandung Stella dan Stella menerimanya. Mama Sarah meminta pengertian kepada Stella kalau mama mau menikah dengan Pak Stevan. Dengan perasaan hutang budi dan karena cinta dengan mamanya yang selama ini membesarkannya akhirnya Stella mengizinkan mamanya untuk menikah dengan Pak Stevan. Dita dan Ardilla datng untuk meminta maaf kepada Stella dan Stella juga meminta maaf kepada kedua sahabatnya tersebut. Pada akhirnya Dita dan Ardilla tetap menjadi sahabat dan kedua sahabatnya merestui hubunhan Stella dan Thejo.
Manfaat yang bisa di ambil dari Novel diatas :
1.    Meskipun orang tua tidak memiliki waktu banyak untuk kita, seharusnya kita mengerti bahwa sesungguhnya mereka bekerja keras hanya untuk masa depan kita.
2.    Janganlah membeda bedakan pelajaran apa yang disukai atau tidak disukai karena sesungguhnya bila kita belajar dengan giat dan sering latihan kita pasti akan menguasai pelajaran itu.
3.    Jika tidak biasa membuat kesalahan janganlah dilakukan karena sekali dilakukan pasti nanti akan berlanjut.
4.    Kesalahan yang di tutup-tutupi atau disembunyikan cepat atau lambat pasti akan ketahuan.
5.    Kegigihan dan keikhlasan seorang guru yang tak henti-hentinya memberikan ilmu kepada muridnya tanpa pamrih.
6.    Penyesalan akan datang ketika kita mendapatkan konskuensinya.
7.    Seorang sahabat yang rela mengorbankan hati dan perasaannya kepada orang yang dicintainya hanya untuk menjaga perasaan sahabatnya yang juga mencintai pria itu.
8.    Sahabat sejati akan selalu ada di saat senang dan susah.
9.    Meskipun selalu disakiti dan ditolak cinta sejati tidak akan pernah pergi.
10. Persahabatan yang indah adalah persahabatan yang selalu merasakan apa yang sahabat kita rasakan.
11. Mencintai itu gampang tetapi mengampuni itu sulit seperti yang ada di novel tetapi bila ada cinta pastilah ada pengampunan.
12. Meskipun mama Sarah bukanlah mama kandung Stella tetapi mama Sarah selalu mencintai dan menyayangi Stella seperti anaknya sendiri.
13. Meskipun kita sedang banyak masalah tetapi kita harus bersyukur karena masih banyak lagi orang yang memiliki masalah yang lebih berat dari kita.   

Selasa, 01 November 2011

RENCANA PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH NEGERI 3 SERPONG TANGERANG

RENCANA PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH NEGERI 3 SERPONG TANGERANG No KEBIJAKSANAAN STRATEGI NAMA PROGRAM SASARAN PROGRAM KEGIATAN WAKTU PELAKSANAAN 1 Pemantapan Struktur Organisasi dan Mekanisme Kerja Perpustakaan Pengembangan struktur orgnisasi sesuai dengan kebutuhan yang ada Menyempurnakan dan mempertegas ekstensi struktur organisasi perpustakaan Memperbaiki struktur yang efektif dan akuntabel yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan Januari-februari Pembuatan deskripsi para pegawai harus lebih aktif lagi Januari-februari Menetapkan standr pendidikan pengalaman dan keterampilan khusus yang diperlukan untuk suatu pekerjaan Maret-april Melakukan penilaian kerja secara berkala agustus 2 Pembinaan dan pengembangan koleksi perpustakaan Mengidentifikasikn kebutuhan informasi dan penyeleksian bahan pustaka Memenuhi kebutuhan perpustakaan informasi pemakai Melakukan surveykebutuhan pemakai Januari-februari Tersedianya bahan pustaka yang berkualitas dalam berbagai bentuk media informasi Memerisa katalog penerbit juni Mengajukan permohonan sumbangan buku , jurnal yang sesuai dengan pihak lain yang tidak memikat Januari-desember Mengolah bahan pustaka yang telah diadakan September-november Perawatan, perbaikandan pelestarian bahan pustaka Melestarikan bahan koleksi Melakukan perbaikan dan penjilidanterhadap bahan pustaka yang rusak Januari -desember Memberi sampul terhadap buku-buku yang baru diadakan Januari-desember Pengalihan bentuk atau digitalisasi koleksi Januari- desember 3 Peningkatan pelayanan penggunaa perpustakaan Pemberian jasa layanan yang bervariasi Memungkinkan pengguna memanfaatkan berbagai jenis layanan Layanan sirkulasi Januari-desember Penyebara n informasi terkini November 4 Meningkatkan kualitas dan pemanfaatab teknologi informasi Pengembangan otomasi perpustakaan secara menyelutuh Efektif dan efesiensi kerja perpustakaan Mengganti perngkat otomasi yang lama dengan yang baru Januari- februari Enti data Maret-april Mengedit data Mei-juni Penyedian fasilitas dalam penelusuran online Mempercepat akses informasi Langganan jurnal online Januari-desember Penyediaan internet bagi pengguna Meningkatkan pemanfaatan internet diperpustakaan Internet gratis bagi pengguna Januari -desember 5 Peningktan kualitas ruangan perpustakaan Pengadaan sarana dan pra sarana perpustakaann Mendukung efektif kegiatan kerja perpustakaan Pengadaan 1 unit server komputer Januari-februari Pengadaan 1 unit komputer untuk sirkulasi Januari-februari Pengadaan 1 unit komputer untuk daftar pengunjung Januari-februari Pengaadan 2 unit komputer untuk layanan internet Januari-februari Pengadaan 2 unit komputer untuk katalog Januari-februari Pengadaan 1 buah mesin pengaman buku( sensor metic) Januari-februari Pengadaan 1 buah rak novel Januari-februari Pengadaan penerang ( lampu) Januari-februari

TUGAS AKHIR PENGGANTI UAS

TUGAS AKHIR PENGGANTI UAS 1. Carilah 1 artikel (artikel jurnal/ majalah/ makalah dari prosiding/ seminar, workshop, dll di bidang ilmu perpustakaan dan atau informasi atau 1 bab buku) yang membahas mengenai suatu masalah dalam kajian sistem temu kembali informasi khususnya berkaitan dengan penggunaan kosa kata indeks/ pengindaksan subyek, seperti kajian sistem berbahasa alamiah, sistem berbahasa indeks, penggunaan tajuk subyek dan atau tesaurus. Sebutkan sumber informasi di mana anda mendapatkan artikel tersebut (judul, penulis, penerbitan dan atau alamat website) dan lampirkan fotocopi/ printout artikel tersebut dalam laporan tugas ini. Tingkat relevansi dan aktualitas artikel akan memberi bobot yang lebih tinggi dalam penilaian tugas ini maka pilihlah artikel dengan cermat. 2. Tuliskan bagaimana anda memperoleh artikel tersebut (mulai dari katalog, titik akses pencarian, subyek/ kata kunci yang digunakan, atau langsung browsing di rak perpustakaan, menggunakan indeks artikel, daftar isi atau lainnya termasuk jika anda mendapatkannya melalui penelusuran online terhadap sumber digital) 3. Buatlah suatu analisa berupa kesimpulan anda tentang pokok pembahasan dalam artikel dan komentar anda tentang isi artikel tersebut (minimal 1 halaman dengan 1 spasi dalam kertas A4). Tingkat kedalaman dan ketajaman/ ketepatan analisis akan meningkatkan bobot yang lebih besar dalam penilaian. 4. Tentukan deskriptor (1 atau lebih) untuk mewakili dokumen tersebut berdasarkan ASIS Thesaurus. 5. Tugas akhir merukan tugas individu dan tidak boleh ada kesamaan antar individu. 6. Tugas dikumpulkan pada: 20 Jan 2011 jam 9.00 wic dengan mengisi daftar presensi . ANDA PASTI BISA..SEMANGAT DAN SUKSES !!

TESAURUS

TESAURUS Tesaurus adalah sebuah buku sinonim (dua kata atau lebih yang memiliki arti yang sama). Tesaurus sering termasuk karya terkait yang memiliki hal yang hampir sama. Beberapa tesaurus juga termasuk daftar hiponim (sub-bagian, misalnya "mawar" adalah hiponim dari bunga) yang sering digunakan, serta antonim (dua kata yang memiliki arti berlawanan). Sebagai contoh, dengan mencari kata "besar" di sebuah tesaurus, seseorang akan menemukan kata lain yang mirip seperti "raya", "agung", dll. Jika sebuah tesaurus juga memiliki daftar antonim, orang bisa juga mencari kata yang artinya berlawanan, seperti "kecil". Banyak pelajar dan penulis yang menggunakan tesaurus untuk membantu diri menemukan kata yang mereka tulis. Menggunakan tesaurus dapat membantu seseorang menambah kosakatanya(jumlah kata yang mereka tahu). Ini adalah halaman pembicaraan yang digunakan untuk mendiskusikan penyempurnaan artikel Tesaurus.  Halaman ini bukanlah forum untuk diskusi umummengenai subyek artikel.  Letakkan teks baru di bawah teks yang sudah ada.Klik di sini untuk memulai topik baru.  Mohon tanda tangani komentar Anda dengan mengetikkan empat karakter tilda (~~~~).  Baru bergabung dengan Wikipedia? Selamat datang!Silakan bertanya jawab.  Jika halaman ini memiliki banyak perubahan tertunda, kunjungi permohonan peninjauan.  Sopanlah dengan pengguna lain  Anggaplah pengguna lain berniat baik  Jangan menyerang pengguna lain  Ramahlah dengan pengguna baru Pedoman artikel  Jangan muat riset asli Anda  Gunakan sudut pandang netral  Artikel harus dapat diverifikas Roget's Thesaurus adalah banyak digunakan bahasa Inggris tesaurus , dibuat oleh Dr Peter Mark Roget (1779-1869) pada tahun 1805 dan dirilis ke publik pada tanggal 29 April 1852. Edisi asli memiliki 15.000 kata-kata , dan masing-masing baru edisi telah lebih besar. [1] TheKarpeles Naskah Perpustakaan Museum rumah naskah asli koleksi. [1] Nama "Roget" adalah merek dagang di belahan dunia, seperti Inggris . [2] Dengan sendirinya, itu tidak dilindungi di Amerika Serikat , di mana penggunaan nama "Roget" dalam judul thesaurus tidak selalu menunjukkan ada hubungan dengan Dr Roget, melainkan telah datang untuk dilihat sebagai generik nama thesaurus [3] , seperti " Webster "untuk kamus . Dr Roget dijelaskan thesaurus nya dalam kata pengantar untuk edisi pertama: Sekarang hampir lima puluh tahun sejak saya pertama diproyeksikan sebuah sistem klasifikasi verbal mirip dengan yang di mana karya ini didirikan. Bayangkan bahwa seperti kompilasi mungkin membantu untuk memasok kekurangan saya sendiri, saya punya, pada tahun 1805, menyelesaikan katalog digolongkan kata-kata dalam skala kecil, namun pada prinsip yang sama, dan hampir dalam bentuk yang sama, seperti sekarang telah diterbitkan Thesaurus . [4] Roget's Thesaurus terdiri dari enam kelas utama. [5] Setiap kelas terdiri dari beberapa divisi dan bagian. Ini mungkin dikonseptualisasikan sebagai sebuah pohon yang mengandung lebih dari seribu cabang bagi individu "cluster yang berarti" atau semantis kata terkait. Kata-kata ini tidak benar-benar sinonim , tetapi dapat dilihat sebagai warna atau konotasi makna atau sebagai spektrum konsep. Salah satu kata yang paling umum dipilih untuk melambangkan spektrum sebagai kata dasar, yang label seluruh kelompok. Roget's skema kelas dan subdivisi mereka didasarkan pada karya filosofis Leibniz (lihat Leibniz - Simbolik pikir ), itu sendiri mengikuti tradisi panjang epistemologis bekerja dimulai dengan Aristoteles . Beberapa 's Kategori Aristoteles termasuk dalam kelas pertama itu Roget "hubungan abstrak". Roget's Thesaurus is a widely-Used Home language thesaurus , created by Dr. Peter Mark Roget (1779-1869) in 1805 and released to the public on 29 April 1852. Had the original edition of 15.000 words , and EACH new edition has been larger. [1] The Karpeles Manuscript Library Museum houses the original manuscripts in its collection. [1] The name "Roget" is trademarked in parts of the world, Such as the United Kingdom . [2] By itself, it is not protected in the United States of America , Nowhere use of the name "Roget" in the title of a thesaurus does not necessarily indicate any relationship to Dr. Roget; it has come to be seen as a generic name thesaurus [3] , like " Webster "for dictionaries . Dr. Roget described his thesaurus in the foreword to the first edition: It is now Nearly fifty years since I first projected a system of verbal classification similar to That on the which the present work is Founded. Such a compilation Conceiving That Might help to supply my own deficiencies, i had, in the year 1805, completed a classed catalog of words on a small scale, but on the Same principle, and Nearly in the Same form, as the Thesaurus now published . [4] Roget's Thesaurus is composed of six primary classes. [5] EACH class is composed of multiple divisions and then sections. May this be conceptualized as a tree containing over a thousand branches for individual "meaning clusters" or semantically linked words. These words are not exactly synonyms , but cans be viewed as colors or connotations of a meaning or as a spectrum of a Concept. One of the most general words is chosen to typify the spectrum as its headword, the which labels the whole group. Roget's schema of classes and Their subdivisions is based on the Philosophical work of Leibniz (see Leibniz - Symbolic thought ), Itself Following a long tradition of epistemological work starting with Aristotle . Some of Aristotle's Categories are included in Roget's first class "abstract relations".

Peletarian koleksi Peta

Pendahuluan peta merupakan salah satu jenis bahan pustaka yang sangat berguna untuk berbagai macam kepentingan misalnya: • Untuk penelitian • Pendidikan • Untuk bisnis • Dan sebagainya Karena pentingnya peta merupakan salah satu koleksi perpustakaan yang perlu dirawat. Peta mempunyai ukuran dan bentuk yang beragam sehingga perlu penyimpanan dan perawatan sendiri. Peletarian koleksi Peta adalah sarana referensi yang memberikan informasi mengenai letak suatu daerah, keadaan politik, perdagangan, hasil tambang, bahasa dan sebagaiya. Peta sangat berfungsi arsip yang merekam sumber data dari kegiatan manusia dalam kehidupan sosial dalam geografis. Yang dimaksud dengan peta geografis yaitu menunjukan rendah daratan atau kedalam laut, ketinggian gunung, menunjukan letak suatu tempat pada garis lintang maupun garis bujur . Sebelum orang mengenal baca tulis, orang mengenal peta untuk menunjukan suatu lokasi. Peta ini seperti halnya gambar dapat dipergunakan sebagai media komunikasi yang sangat baik. Jangkauan peta jauh lebih luas dari pada gambar dalam penyampaikan informasi. Karena itu media ini menjadi semakin berkembang dan tidak akan lekang oleh kemajuan teknologi. Perkembangan peta modern baru mulai abad ke-18. Peta tersebut dibuat berdasarkan teknologi yang semakin berkembang pada masa tersebut yaitu dengan menggunakan teleskop yang ditunjang oleh teknologi maju pada saat itu. Keakuratan peta semakin sempurna berkat penyempurnaan peta yang sudah ada ditunjang oleh laporan para penjelajah dunia yang semakin banyak. Peta adalah bahan pustaka yang unik, tidak menyerupai buku, majalah, dan surat kabar, atau audivisual lainnya. Peta ini bahan perpustakaan yang sangat berguna untuk penelitian, pendidikan, dan pengajaran, maupun untuk keperluan bisnis. Cara perbaikan peta Perbaikan peta harus disesuaikan dengan penyebab kerusakannya, kerusakan peta dapatolongkan yaitu: • Kerusakan kimiawi • Kerusakan mekanisme Kerusakan kimiawi biasanya disebabkan oleh kandungan asam yang terdapat dalam kertas. Sedangakan kerusakan mekanisme disebabkan oleh faktor luar misalnya, karena kelembaban, kekeringan, atau karena dilipat. Cara penyimpanan yang sesuai dengan betuk dan ukuran misalnya laci harizontal dan laci vertikal Penyimpanan yang baik bagi peta ada 3 yaitu: 1. Bentuk lemari dan rak 2. Letak rak hendaknya sesuai dengan lingkungan sehingga mudah dicapai oleh pemakai. 3. Bahan dasar terbuat dari kayu yang baik atau besi baja. Pengolahan koleksi peta harus memperhitungkan dan menyiapkan sistem penyimpanan serta perawatan sesuai dengan kondisi perustakaan. Cara penyimpanan harus diupayakan sedemikian rupa sehingga jika diperlukan dapat mudah dan cepat ditemukan kembali dan juga dsirkulasi udara dalam ruang penyimpanan serta penerapan harus cukup. Slide Slide merupakan salah satu jenis bahan audio visual yang banyak digunakaan diperpustakaan, terutama untuk mendukung pengajaran dan penelitian,. Audio-visual berasal dari kata Latin . Audio dari kata audire yang berarti mendengar sedangkan Visual dari kata visus yang berarti kata melihat. Karena bentuknya yang kecil, slide harus dibaca dengan alat yang disebut Proyektor. Pemakaian proyektor yang pertama oleh Athanasius Kirchener pada tahun 1646, telah mengalami berbagai perkembangan. Berkembangnya hal ini tentu juga karena berkembangnya pengguna listrik dan teknik fotografi. Pada abad ke-19, melalui penemuan-penemuan beberapa orang seperti: • Niepse • Eastman • Edison • Dll. Diterima baik dan alat tersebut menjadi amat berguna bagi dunia pendidikan. Dan di abad ke-20 menujukan kematangan dan kemajuan dalm membuat alat-alat proyeksi dan bahan – bahan materialnya. Ada beberapa macam- macam ukuran slide Yaitu: 1. 3 ¼ x inch yaitu lantern slide 2. 2 ¼ x 2 ¼ inch 3. 4 x 5 inch 4. 2 x 2 inchi Yang benar-benar penting bagi pengguna pendidikan atau yang lazim diperggunakan diperpustakaan adalah lantern slide 2 x2 inch slide. 1. Lantern Slide Slide jenis ini sudah dikenal sejak perang dunia II dan dianggap sebagai kakek dari pengaajaran visual. Dan biasanya dibuat dari sepotong gelas tipis, permukaannya dapat berupa emulsi fotografi, lapisan gelatin atau gelas jernih. Suatu jenis baru dari lantern slide diproduksi oleh Polarold Company. Seperti ciri semua produk palaroid land, gambar nya dapat muncul seketika lewat kamera. Faktor ini menyebabkan digunakannya kembali lantern slide dalam dunia pendidikan. Keuntungan dari jenis ini ialah; • Ukurannya besar hingga dapat lebih menggambarkan detail. • Dapat dibuat sendiri dengan tangan yaitu,dibuat diatas gelas jernih • Dapat digunakan sebagai bahan pengajaran yang membantu para guru • Murid dapat menggunaan dalam membuat laporan, dalam menguraikan / menggambarkan suatu masalah • Dapat untuk memperagkan suatu material baru , latar belakang suatu diskusi dll. Cara membuat lantern slide dengan tangan Yaitu: • Tempatkan sebuah slide gelas tipis yang bersih diatas slide holder, ini untuk memudahkan pekerjaan • Buat lebih dulu online gambarnya secara tipis dengan pensil diatas permukaannya, kemudian diwarnai. Hanya dengan crayon slide yang khusus. Sekarang bannyak alat-alat lain sepert nylon tip pen, cat air, pensil dan lain-lain. • Kaca jernih juga dapat dipakai,tetapi permukaan nya yang licin mengharuskan dipakainya alat yang khusus, yang dapat melekat pada permukaan air. 2. Slide 2 x 2 Dunia pendidikan sekarang lebih banyak menggunakan slide 2 x 2 inch dari pada lantern slide. Hal ini dsebabkan oleh kemajuan teknologi dan faktor-faktor yang menguntungkan, misalnya: • Bahanya tidak mudah pecah, karana bukan dari gelas/kaca tetapi dari film ukuran 35cm • Ringan dan mudah dikirim • Pembuatannya praktis • Harganya relatif murah. Dan ada juga kelemahannya: • Karena ukurannya yang kecil, terbatas akibatnya kalau diproyeksikan untuk gambar yang besar tidak bisa • Perlu khusus ditambahkan 1 film lagi Karena kepraktisan pembuatan slide 2 x 2 ini maka banyak perpustakaanyang mempunyai club foto yang menyediakan kamera foto 35mm lengkap dengan kamar gelap untuk film hitam putih. 3. Slide dengan suara Suara yang mengiring gambar-gambar slide dapat berupa komentar, tetapi dapat pula dibarengi suara ilustrasi musik sound effect. Karena dalam hal ini diperlukan 2 tape recorder untuk masing-masing suara Sound effect itu bersifat: • Buatan/ artifical, misalnya dengan merengutkancellophane untuk effects gemeretaknya api. • Asli atau hidup, misalnya suara pintu ditutup. • Rekaman, misalnya rekaman suara-suara dilapangan terbang . • Suara-suara rekaman ini dapat dibeli ditiko-toko kaset atau dapat direkam sendiri. Dalam penyajian slide bersuara ada 5 fungsi lengkap yang berkoordanasi satu dengan yang lain: • Komentar atau narasi. • Pemutaran dari sound effect hasil rekaman, baik yang hidup maupunyang artifical. • Perbuatan dari suara slide effect advance. • Proyeksi dari slide yang dibuat denga suara tersebut. • Perekaman dari pita akhir yang berisi elemen 1,2,3 diatas • Pekerjaan semacam ini memerlukan suatu team work yang baik. 4. Proyektor untuk slide Prokyektor slide mudah penggunaan nya, harganya pun relatif murah tergantung pada besar kecilnya kekuatan watt-nya dan juga otomatis/ yang semi oomatis. Keistimewaannya adalah memungkinkan nya pembicara berdiri bebas dimuka kelas, semetara penyajian slide berlangsung terus dengan menggunakan remote control. Harus lah berhati-hati dalam menggunakan yang semi otomatis maupun yang otomatis 5. Pemeliharaan slide • Penyimpanan slide perlu dilakukan secara hati-hati. • Tempat penyimpanan harus kompak dan tidak menghabiskan rungan yang tersedia, bebas dari cahaya luar, debu, dan kelembaban. • Karena warna pada slide belum abadi mudah pudar oleh cahaya langsung dari lampu maupun dari matahari. • Dan hindari membiarkan slide dari berserakan diatas meja, karena akan mudah sekali terkena sinar langsung atau pun debu. • Slide juga rawan sekali terhdap goresan, karena sekali kena goresan maka akan terproyeksi goresan tersebut dan gambarnya akan rusak. • Debu yang menempel pada permukaan slide harus dibersihkan dengan hati-hati dengan pembersih khusus dari kain atau kertas yang lunak. • Kelembaban juga sangat berbahaya bagi slide sebab mudah tumbuh jamur,dan merusak bahan warna. Dalam pengguna slide, harus memperhatikan proyektornya agar lestari tidak ada kerusakan dalam kabel putus atau lensa kotor. Sehingga dapat meggangu kalau hendak diperggunakan. Seperti pemeliharaan bahan pustaka pada umumnya kontrol ruangan dari temperatur dan kelembaban harus ketat. Hanya pada film lebih baik kalau suhu udaranya lebih dingin lagi dari suhu yang ideal untuk buku. Kalau suhu untuk buku yang ideal 18 derajad celcius, maka pada film sebaiknya lebih rendah dari itu bahkan dapat samapai serendah 4 derajad . Yang jelas binatang tidak akan menjamah dan jamur tidak akan dapat tumbuh pada temperatur itu. 6. Kelebihan slide Kita sudah mengetahui cara menggunakan kamera untuk keperluan potret-meotret dengan film hitam putih atau berwarna maka kita akan dapat pula membuat slide. Kemudian ditempatkan di dos khusus atau palastik yang transparan, khusus penyimpanan slide. Tempat slide ini tersedia di toko film. Slide ini dapat di tempat kan secara berkelompokan atau tunggal, tergantung dari keperluannya. Foto kopi dan Tinta Foto copy adalah bagian dari kegiatan pelestarian bahan pustaka. Pada kenyataan banyak perpustakaan menggunakan alat ini, terutama perpustakaan khususnya yang koleksinya sebagian besar adalah majalah profesional yang memuat artikel mutakhir bagi para pembaca. Untuk menjaga sebuah buku misalnya, buku tersebut sudah lapuk, hendaknya foto copy nya yang dipinjem kan kepada pemustaka perpustakaan. Buku yang tidak pat dipinjamkan keluar,bisa dibuat foto copyan. Jadi bukunya tidak dikhawatirkn hilang atau rusak. Tetapi mesin foto copyberbahaya bagi buku atau majalah berjilid, banyak buku atau majalah berjilid rusak penggunaannya karena di foto copy. Apabila memperoleh copyan yang bagus, punggunng buku atau majalah di letakkan kuat-kuat agar bisa datar , sehingga foto copyan tidak berbayang hitam. Hal ini yang dapat merusak kan penjilidan, benang putus, atau kertaas robek karena kena tarikan atau lem jilidan patah-patah dan lepas. Pada dasarnya tinta adalah campuran bahan pewarna dengan air, bahkan cairan dari buah yang berwarna atau tumbuhan berwarna,maupun darah hewan dapat dipergunakan sebagai tinta. Orang mesir telah mengenal tinta semenjak 2500 tahun sebelum masehi. Pada saat yang sama orang china juga suadah mengenal tinta yang dibuat dari campuran jelaga dengan kanji, kemudian dkeringkan, dan tinta kering tersebutdiberi air dan menimbulkan warna hitam. Macam-macam tinta ada 4 macam yaitu: 1. Bahan dasar tinta ialah mineral yang berupa garam besi misalnya “ferro sulfat” dicampur dengan rendaman kulit kayu oak “ semacam kayu jati” tetapi daunnya kecil diberi pewaran agak gelap. Hasilnya berwarna biru kehitam-hitaman tinta macam ini dipergunakan untuk menulis selama berabjad-abjad. 2. Macam tinta Pada dasarnya ada 3 macam tinta yaitu : tinta tulis, tinta tulis meninggalkan tulisan yang bersih pada kertas, meresap dengan baik tetapi tidak tembus dan cepat kering. Tinta seharusnya memiliki kualitas tulis yang bagus tidak meninggalkan kristal pada pena atau pulpen. tinta cetak, bersifat lebih kental dari tinta tulis, biasanya dikemas dalam kaleng aau tube. Tinta cetak untuk mencetak ada dalam bebagai warna agar memberikan daya tarik yang tinggi sesuai dengan keperluan. Bentuk tinta yang lain bisa juga dimasukkan kedalam tinta cetak ialah karbon dan pita mesin ketik atau pita komputer bahan dasarnya juga seperti tinta cetak tetapi dikemas dalam pita dan dikeringkan . ball point tinta ball poin terbuat dari bahan celup, pewarna dicapurkan dengan minyak dan damar. Jadi tinta ball dipindahkan dari tabung persedian kekertas melalui bola yang berputar yang terletak diujung pena. Dan beberapa produk merek tertentu memiliki harga ang mahal 3. Bahaya tinta pada kertas Tinta yang bersahabat dengan kertas itu ternyata berbahaya juga bagi kertas, tinta meningkatkan keasaman pada kertas terutama pada tinta iron gall yang terbuat dari asam tanat dangaram besi. Tinya yang asam membuat buku menjadi berlubang, mengikuti gerakdari tulisan dalam buku tersebut. Tetapi berkat kemajuan teeknologi pembuatan tinta berbagai kualitas tinta tersedia dan memberikan berbagai banyak pilihan bagi pemakai nya. 4. Syarat yang diperlukan bagi tinta Yang baik yaitu: a. Menghasilkan tuisan yang permanen an warna tinta menjadi hitam dalam waktu beberapa hari. b. Tinta harus dapat mengalir dengan cepat dari pena dan mengendap dengan baik dalam serat kertas tanpa menembus pada lembaran kertas. c. Tinta tersebut tidak mengumpuldalam botol. d. Bila terjadi korosi antara tinta dengan pena tulisan yang dihasilkan harus lekas kering. Penutup Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Peta, Slide , Foto copy dan Tinta Merupakan sumber informasi untuk menunjang penelitian dalam kegiatan bahan pustaka. Didalam bentuk peta memberikan pengetahuan yang harusdimiliki oleh petugas bahan pustaka di dalam penyimanan peta, Berbagi jenis-jenis kerusakan karena faktor kimiawi dan faktor mekanis. Dan slide bagimana petugas memelihara slide dengan hati-hati di dalam penyimpanan dari cahaya langsung, debu, serta kelembaban selalu dirawat setiap saat. Dan slide juga tidak bisa dibaca dengan mata telanjang,slide ini harus menggunakan nya dengan alat yang disebut proyektor Sedangkan foto copy dan tinta, bagaimana caranya untuk tidak terjadinya kerusakan pada lembaran buku. Kata pengantar Rasa syukur yang dalam kami sampaikan kehadiran Allah swt yang maha pengasih dan maha pemurah. Karena berkat kemurahannya lah tugas Pelestarian Bahan Pustaka ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam tugas ini kami membahas tentang “ Peta, Slide, Foto copy dan Tinta” . Sangat diperlukan dalam bidang perpustakaan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa untuk mengikuti mata kuiah pelestarian bahan pustaka Dalam proses ini, tentu nya kami berterima kasih kepada Bapak Telah banyak memberikan arahan-arahan terhadap kami ,Tentang mata kuiah pelestarian bahan pustaka . Demikian makalah dari kami semoga bermanfaat. Jakarta, 4 November 2010 Makalah Peta, Slide, Foto copy dan Tinta Oleh : Rima gloria rizqy Thoriko Amando Danang Nur Cahyadi Ariyadi Awaluddin PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2010