Teknologi
bagi Kehidupan Manusia (http://agiewahyuwinata.blogspot.com/2010/03/teknologi-bagi-kehidupan-manusia.html)
Agie
Wahyu Winata | Selasa, 02 Maret 2010
1. 1. Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli
Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa
sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan
teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau
memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi,
yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi, Anglin
mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta
pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli
lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific
knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan
lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca
indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980)
Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan
untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak
awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi
belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan
“logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan
pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara
melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan
alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh
anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967
xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional
mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
1. 2. Pengertian teknologi secara umum
* proses yang meningkatkan nilai tambah
* produk yang digunakan dan dihasilkan
untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
* Struktur atau sistem di mana proses dan
produk itu dikembamngkan dan digunakan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang
tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan
berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan
untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak
kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus
dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa
oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun
demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif,
di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Karena itu pada makalah ini kami membuat
dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan
manusia Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak
terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan
cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan
manusia.
Perkembangan teknologi terjadi bila
seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang
dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia
terhadap pengembangan teknologi.
Menurut B.J. Habiebie (1983: 14) ada
delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi,
terutama teknologi industri, yaitu 1) pesawat terbang, (2) maritim dan
perkapalan, (3) alat transportasi, (4) elektronika dan komunikasi, (5) energi,
(6) rekayasa , (7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan (8) pertahanan dan
keamanan.
1. 3. Dampak positif dan negatif akibat
perkembangan teknologi internet
Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak
positif maupun negatif dari penggunaan internet :
* Dampak Positif
a) Internet sebagai media komunikasi
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b) Media pertukaran data dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
c) Media untuk mencari informasi atau data
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
d) Kemudahan memperoleh informasi yang ada
di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi.
e) Bisa digunakan sebagai lahan informasi
untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
f) Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
* Dampak Negatif
a) Pornografi anggapan yang mengatakan
bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
b) Penipuan hal ini memang merajalela di bidang
manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
c) Bisa membuat seseorang kecanduan
terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya
untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana
cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada
batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun
bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.
1. 4. Manfaat Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk
menggunakannya dalam segala aktivitasnya Beberapa penerapan dari Teknologi
Informasi dan Komunikasi antara lain :
* Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja.
* Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan
Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal
sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan
komunikasi internet.
* Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi
dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau
dikenal dengan Internet Banking.
* Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan
seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi
audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat
komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang
atau lebih.
* Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card)
dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang
ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui
riwayat penyakit pasien.
PERANAN
DAN DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
(http://www.itku.co.cc/2009/07/peranan-dan-dampak-penggunaan-teknologi.html)
Diposkan
oleh pakdekaryo | Tuesday, July 21, 2009
Teknologi informasi dan telekomunikasi
dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang
pendidikan, bisnis, pemerintahan sosial, kesehatan serta agama. Untuk
mendapatkan dokumen dalam format ms word silahkan download disini.
Dampak positif pemanfaatan teknologi
informasi dan telekomunikasi antara lain:
1.
Peranan TIK dalam dunia pendidikan
Manfaat TIK dalam bidang pendidikan antara
lain :
*
Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan
mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
*
Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat
dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
*
Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk
digital.
*
Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
*
Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga
pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang
pendidikan bagi pelajar antara lain :
*
Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
*
Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
*
Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu
*
Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
*
Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi penyelenggara
pendidikan antara lain :
*
Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain
* Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta
didik
*
Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
*
Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku.
*
Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.
2 .Pemanfaatan TIK dalam bidang
bisnis/usaha
Pemanfaatan TIK sangat membantu kelancaran komunikasi dalam bisnis.
Fedex adalah salah satu perusahaan jasa kurir yang memanfaatkan sistem
informasi untuk mengawasi sampai dimana barang yang dikirimkan melalui bantuan
internet.
Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru antara lain internet banking,
SMS banking, dan e-Commerce.
Internet banking
adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang,
pembayaran tagihan.
GAMBAR
Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan
keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan
saja.
Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain :
a. Menghemat waktu, karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan
transaksi
b. Menghemat biaya, karena transportasi menuju ke bank dapat
dihilangkan.
c. Lebih cepat, karena tidak perlu menunggu antrean yang banyak.
SMS Banking
Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short
Message Service ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo,
transfer uang, dan pembayaran tagihan.
E-commerce
Perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang
dilakukan dengan memanfaatkan internet.
Keuntungan perdagangan elektronik antara lain :
1. Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang
mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
2. Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
3. Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
4. Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya murah.
Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain :
* a. Konsumen tidak perlu ke toko untuk
mendapat barang.
* b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan
* c. Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di
internet.
* d. Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak ada
* e. Harga barang lebih murah.
3. Peranan TIK dalam bidang pemerintahan e-government (electronic
government)
Tujuan e-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam
hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain. Bentuk-bentuk
hubungan pemerintahan dalam pemanfaatan TIK antaralain :
1. G2C (government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani
kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayanai kependudukan dan administrasi.
2. G2B (government to business), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani
kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data
statistik yang dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
3. G2G (government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani
kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau
dibawahnya, dan sebagainya.
Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan memiliki keuntungan antara
lain :
1. Meningkatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat dilayani
kapan saja tanpa harus menunggu kantor buka.
2. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat
karena informasi mudah diperoleh.
3. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga
masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan.
4. Meningkatkan transparansi pemerintahan.
4. Peranan TIK dalam bidang sosial
Untuk memantau kondisi sosial masyarakat pemerintah memanfaatkan TIK
dengan programnya yang disebut ICT4PR (information and Communication Technology
for poverty Reduction ).
ICT4PR membangun pusat-pusat Teknologi informasi dan komunikasi yang
disebut telecenter. Manfaat telecenter bagi masyarakat adalah :
a. Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
b. Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
c. Meningkatkan informasi kesehatan
d. Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk
setempat.
e. Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce
Dampak negatif pemanfaatan teknologi
informasi dan telekomunikasi :
1. Pelanggaran hak cipta
Hak cipta adalah hak yang diberikan kepada seseorang atau kelompok atas
hasil karya atau sebuah ciptaan untuk mengumumkan, memperbanyak, dan
menggunakan karya ciptanya.
Tujuan memberikan hak cipta adalah :
1. Melindungi kepentingan pencipta atas hasil ciptaannya
2. Mendorong orang untuk berinovasi untuk menghasilkan karya cipta.
3. Menciptakan rasa aman bagi setiap orang untuk menghasilkan sebuah
karya cipta yang bermanfaat bagi manusia.
Untuk melindungi warga tentang hasil karyanya pemerintah mengeluarkan
undang-undang hak cipta yaitu undang-undang no. 19 tahun 2002.
Beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi undang-undang antara lain :
1. Buku, program komputer (software), pamlet, perwajahan (lay out) karya
tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain.
2. Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan yang sejenis
3. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu
pengetahuan.
4. Lagu atau musik dengan atau tanpa teks;
5. Darama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan
pantomim;
6. Seni rupa dan segala bentuk seni lukis, gambar, seni ukir, seni
kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan;
7. Arsitektur;
8. Peta;
9. Seni batik;
10. Fotografi;
11. Sinematografi;
12. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database, dan karya lain
dari hasil pengalihwujudan.
Menurut pasal 1 ayat 8 UU hak cipta, yang dimaksud program komputer
adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema,
ataupun bentuk lain, yang apabila digabung dengan media yang dapat dibaca
dengan computer akan mampu membuat computer bekerja untuk melakukan
fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil khusus, termasuk persiapan untuk
merancang instruksi-instruksi tersebut.
Pasal 72 ayat 3 UU hak cipta menyatakan bahwa barangsiapa dengan sengaja
dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program
computer dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan / atau denda
paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
Pembajakan akan merugikan pemegang hak cipta dan perkembangan teknologi
karena :
a. Mengurangi jumlah uang untuk penelitian dan pengembangan program
computer
b. Mengurangi penyediaan produk penunjang local
c. Mengurangi kemampuan penyaluran program computer yang sudah ditingkatkan
mutunya
d. Mengurangi hasil penjualan penyalur resmi.
2
Cybercrime
Adalah kejahatan atau tindakan melawan hokum yang dilakukan oleh
seseorang dengan menggunakan sarana computer terutama internet.
Karakteristik kejahatan internet adalah sebagai berikut :
1. Kejahatan melintasi batas Negara
2. Sulit menentukan hokum yang berlaku karena melintasi batas Negara.
3. Tidak dapat dipastikan hokum Negara mana yang berlaku.
4. Menggunakan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer dan
internet.
5. Mengakibatkan kerugian yang lebih besar disbanding kejahatan
konvensional
6. Pelaku memahami dengan baik internet, computer, dan aplikasinya.
Bentuk-bentuk cybercrime antara lain :
1. Unauthorized acces adalah kejahatan dengan cara memasuki jaringan
computer dengan cara yang tidak sah (melakukan penyusupan). Penyusupan untuk
mencuri informasi, sabotase pelakunya disebut cracker. Sedangkan penyusupan
untuk menguji keandalan suatu system pelakunya disebut hacker.
2. Illegal contents adalah memasukkan data atau informasi ke internet
tentang sesuatu yang tidak benar dengan tujuan merugikan orang lain maupun
menimbulkan kekacauan.
3. Data forgery adalah memasukkan data yang tidak benar ke dalam
internet.
4. Cyber espiongase and extortion (cyber terrorism) adalah kejahatan
dengan cara memasukkan virus/program untuk menghancurkan data pada computer
pihak lain.
5. Offense against intellectual property adalah kejahatan yang dilakukan
dengan cara menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di
internet.
6. Infringements of privacy adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara
mendapatkan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia.
7. Phishing adalah kejahatan dengan cara mengecoh orang lain agar
memberikan data pribadinya melalui situs yang disiapkan pelaku.
8. Carding adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data-data
kartu kredit orang lain kemudian digunakan untuk transaksi melalui internet.
3. Penyebaran virus computer
Virus computer adalah program kecil yang mampu menggandakan diri dan
bersifat merusak computer yang terinfeksi olehnya.
Sifat dan karakter virus antara lain :
a. Berukuran sangat kecil
b.
Mampu menggandakan diri
c. Membutuhkan korban agar tetap hidup
d. Membutuhkan medium tertentu untuk menyebar.
Tanda-tanda computer terinfeksi virus :
a. Computer menjadi lambat
b. Kinerja memori berkurang
c. Ruang penyimpan data cepat penuh,
d. Computer tiba-tiba restart
e. Ada
pesan muncul yang tidak dikehendaki, dan lain-lain.
Kerugian yang ditimbulkan akibat virus adalah :
a. Kerusakan / hilangnya data
b. Kerusakan program computer
c. Kerusakan hardware computer
d. Kehilangan banyak waktu dan uang untuk memperbaiki computer
Cara menghindari agar computer tidak terinfeksi virus :
a. Menginstal antivirus
b. Sering meng-update database antivirus
c. Berhati-hati menjalankan file baru
d.
Mewaspadai kerusakan sejak awal.
e. Membackup data secara teratur
f. Selalu melakukan scanning terlebih dahulu sebelum membuka data dari
media computer lain.
Contoh antivirus yang beredar di pasaran antara lain :
a. Freeware (gratis) : AVG, ANSAV, Anti Vir, ClamAV, Norman AVdll.
b. Shareware (tidak gratis) : Mc Afee Virus scan, Norton AV, Kaspersky ,
Norton AV, dll.
4. Pornografi, perjudian dan penipuan
* Internet biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung
jawab untuk menyebarkan gambar-gambar porno untuk merusak mental sebuah bangsa
terutama generasi muda.
* Perjudian juga marak dilakukan melalui internet, misalnya kasino.
* Penipuan sering terjadi dilakukan melalui internet dengan cara menawarkan
barang yang sangat menarik, namun tidak sesuai dengan kenyataan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar