Jumat, 14 Januari 2011

“Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam : Manifestasi”.

Saya akan menilai koleksi bahan rujukan Islam yang berjudul :
“Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam : Manifestasi”.
Pengarangnya adalah Sayyed Hossein Nasr.
Buku referensi Islam ini diterbitkan oleh Mizzan pada terbitan pertama tahun 1997 dan telah di alih bahasakan ke bahasa Indonesia pada tahun 2003. Isi cakupan yang terdapat pada buku referensi ini menjelaskan tentang sejarah realisasi prinsip tauhid serta tasawuf dan juga figur-figur Sufi terkemuka yang berperan dalam membentuk corak tasawuf dan keberagaman umat Islam pada masanya. Tidak hanya itu, buku ini juga menjelaskan tentang berbagai permasalahan dan penyelesaian masalah saat para tokoh-tokoh sufi membentuk corak tasawuf dan keberagaman umat islam pada masanya. Para pengguna buku referensi ini kebanyakan adalah mahasiswa, dosen, para ulama, para peneliti khususnya para peneliti Islam dan juga para masyarakat umum yang ingin lebih mengetahui secara spesifik tentang ilmu-ilmu tasawuf dan juga tokoh-tokohnya.
Buku ini memiliki format fisik yang cukup baik seperti buku referensi ini adalah cetakan yang pertama memiliki 755 halaman serta tambahan xxii untuk prakata dan daftar isinya. Pada bagian cover luarnya terbuat dari hard cover serta bagian dalamnya atau kertas yang di gunakan adalah kertas HVS yang pada dasarnya berwarna putih tetapi karena telah beberapa tahun kertas pada buku reverensi ini berwarna agak kekuning-kuningan serta kertasnya sudah agak keras atau tidak lentur lagi saat lembar berikutnya dibalik. Pada cover depan telah diberikan sampul plastik agar cover aslinya tidak rusak. Tinggi buku sekitar 23,5 cm dan lebar buku sekitar 15 cm.
Penyajian informasi yang terdapat pada buku reverensi ini terdapat pada setiap entrinya yang setiap judul entrinya ditulis tebal dan terdapat nama pengarangnya pada setiap judul entri serta terdapat kepala judul di bagian atas setiap lembarnya sedangkan penyajian isi informasi buku ini menyajikan tentang tasawuf dan para tokoh-tokoh sufi yang disajikan dalam bahasa indonesia yang telah di literasikan dari bahasa Arab dan Inggris. Dalam penulisan judul entrinnya tidak alfabetis dikarenakan pada setiap entrinya saling berkaitan dan buku reverensi ini bukanlah kamus yang setiap entrinya alfabetis. Karakter khusus yang terdapat pada buku reverensi ini adalah pada huruf awalan pertamanya dicetak tebal dan besar dengan huruf kapital. Pada satiap lembarnya buku ini terdapat kepala judul di bagian atas serta terdapat nama pengarang pada setiap judul entrinya.
Susunan entri yang terdapat pada buku ini, entrinya disusun menggunakan bahasa Indonesia dan terdapat nama pengarangnya pada setiap judul entrinya serta pada penulisan entrinya mengguanakan huruf kecil dan diawali dengan huruf kapital pada setiap awal kalimat yang tidak disusun berdasarkan sistematika tertentu. Pada buku reverensi islam ini terdapat indeks tetapi tidak terdapat bibliografinya. Pada indeks yang didalamnya berisikan daftar nama tokoh yang dibahas dan di samping nama tokoh itu terdapat halaman yang membahasnya. Pada penyususnan indeks disusun secara alfabetis latin dan terbagi 2 kolom pada lembaran indeksnya. Revisi/ edisi baru/ supplemen buku reverensi islam ini sepertinya ada dikarenakan buku ini adalah buku reverensi yang sangat dibutuhkan oleh pemakai yang memerlukan buku ini sebagai rujukan suatu penelitian atau lainnya bila yang membutuhkannya banyak pasti cetakan buku ini akan ditambah atau di perbanyak. Karya serupa (similar works) yang sama dengan buku reverensi Islam ini adalah “ Islamic Spirituality : Manifestations” yang entrinya berbahasa Inggris.
Contoh Entri :
Ibrᾱhῑm Hakki Erzerumlu : Gӧrelim Hakk ne eyler-n’ eylerse ḡuzel eyler. (Hal 306).
Penjelasan contoh entri :
Ibrᾱhῑm Hakki Erzerumlu : Gӧrelim Hakk ne eyler-n’ eylerse ḡuzel eyler
Artinya : “Mari kita lihat apa yang Tuhan lakukan-apa pun yang Dia kerjakan, Dia melakukannya dengan indah! []. (Hal 306).
Kesimpulan
Dari hasil penilaian koleksi rujukan islam yang berjudul “Ensiklopedi Spiritualitas Islam : Manifestasi” dapat dikatakan buku reverensi islam yang baik dan layak untuk sebagai bahan rujukan karena buku ini dapat memenuhi beberapa persyaratan untuk menjadi bahan reverensi atau bahan rujukan islam. Berbagai persyaratan yang telah dipenuhi oleh buku ini, yaitu :
1. Dari segi judul yang baik yang banyak dicari para pembaca atau peneliti.
2. Dari segi kepengarangan yang baik.
3. Dari segi isi entri atau informasi yang ada dalam buku ini.
4. Dari segi penyajian informasinya.
5. Dari segi susunan entri dan juga asal isi informasi yang dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.
Namun, buku ini juga memiliki kekurangan yang dapat mengurangi syarat-syarat kelayakan sebagai buku rujukan islam. Adapun kekurangan yang ada menurut penulis, yaitu:
1. Tidak terdapatnya Bibliografi.
2. Belum adanya revisi/edisi baru/supplemen.
Dalam setiap buku pasti memiliki kekurangan dan kelebihan maka dari itu, pada setiap kelebihan akan menjadikan acuan agar buku itu lebih baik lagi dan bila masih ada kekurangannya agar menjadi pelajaran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar