Minggu, 08 September 2013

MAKALAH PERENCANAAN AKSI PEMASARAN JASA INFORMASI PERPUSTAKAAN


TUGAS MATA KULIAH PEMASARAN DAN PROMOSI INFORMASI
NAMA DOSEN: DRS. H. RIZAL SAIFUL HAQ, M.A.



DISUSUN OLEH
Rima Gloria Rizqy
108025000041
VII / B


FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA
JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2011-2012
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
                                Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah Swt., Tuhan semesta alam. Karena berkat nikmat dan rahmat-Nya, maka laporan individu Kuliah PEMASARAN DAN PROMOSI INFORMASI
 ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penulisan laporan ini bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat pembelajaran pada mata kuliah Kuliah PEMASARAN DAN PROMOSI INFORMASI.  Selain itu, tujuan saya dalam penulisan laporan ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan dalam mencoba untuk mempraktekan ilmu perpustakaan  yang selama ini telah dipelajari khususnya dalam bidang perpustakaan informasi serta untuk memperdalam teknik observasi dan wawancara saya kepada pustakawan di fakultas adab dan humaniora
Dalam penulisan laporan ini saya menyadari bahwa masih terdapat kekurangan-kekurangan, hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan teknik yang kami miliki. Dan dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan ataupun pembuatan laporan ini, yaitu kepada ibu Yusnimar S.IP selaku pustakawan di fakultas Adab dan Humaniora, dan bapak DRS. H. RIZAL SAIFUL HAQ, M.A. yang telah membimbing  dan banyak mengajarkan saya mengenai bagaimana cara pemasaran dan mempromosi informasi  yang ada. Serta kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Tak ada gading yang tak retak, demikian juga saya sebagai penulis yang hanya manusia biasa dapat menyadari akan hal itu. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sangat membangun untuk laporan ini, sangat kami harapkan. Selanjutnya saya hanya berharap, laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Bandung, Februari 2011

Penulis
DAFTAR ISI


I. EXECUTIVE SUMMARY....................................................................................................................1


II. LATAR BELAKANG .........................................................................................................................2


II. MAKSUD DAN TUJUAN..................................................................................................................3


III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN..................................................................................4


IV.ANALISIS SWOT ..............................................................................................................................5


V. STRATEGI PEMECAHAN MASALAH ..........................................................................................6

VI. BENTUK ACTION PLAN................................................................................................................7

VII. LAMPIRAN .....................................................................................................................................8


VIII. PENUTUP......................................................................................................................................9










PROGRAM KERJA USULAN ACTION PLAN PEMASARAN PRODUK JASA PADA PERPUSTAKAAN ADAB DAN HUMANIORA
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Makalah Perencanaan Aksi Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan

I. EXECUTIVE SUMMARY


Pemasaran jasa perpustakaan dapat diartikan sebagai upaya mendekatkan dan mempromosikan jasa yang diselenggarakan  perpustakaan demi kepentingan pengguna serta untuk  meningkatkan keefektifan informasi yang dimiliki perpustakaan.
Pemasaran jasa perpustakaan mencakup pula pemasaran informasi
Perpustakaan dapat dikatakan sebagai suatu lembaga yang membantu orang-orang datang untuk memanfaatkan jasanya. Menurut pengertian ini, perpustakaan tidak dimaksudkan sebagai lembaga yang ingin mencapai tujuan laba, tetapi lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
Pemasaran sebagai fungsi bisnis, mengidentifikasi kebutuhan dan tuntutan yang belum terpenuhi, menentukan siapa pelanggan atau pengguna dari suatu produk atau jasa (yang disebut dengan pasar target) yang dapat dilayani dengan sebaik-baiknya oleh organisasi, menetapkan produk, jasa atau layanan dan program program untuk melayani pasar-pasar tersebut, dan mengundang setiap orang dalam organisasi untuk berfikir dan melayani pelanggan. Jadi suatu definisi praktis dari fungsi pemasaran memasukan tiga segi mengindentifikasi kebutuhan pembeli dan pembeli potensial dalam pangsa pasar mereka,Memuaskan kebutuhan itu dengan menjual jasa atau produk sesuai, membuat laba (Katz, 1991:1).





II. LATAR BELAKANG


Pemasaran adalah suatu usaha penawaran dan mendekatkan produk kepada konsumen yang terjadi  berdasarkan asas pertukaran. Pemasaran jasa perpustakaan dapat diartikan sebagai upaya mendekatkan dan mempromosikan jasa yang diselenggarakan  perpustakaan demi kepentingan pengguna serta untuk  meningkatkan keefektifan informasi yang dimiliki perpustakaan. Keberhasilan pemasaran jasa perpustakaan ditentukan oleh pengelolah perpustakaan  dalam memberikan jasa dan oleh pengguna  yang mengakui  bahwa perpustakaan dapat memenuhi  dan memuaskan kebutuhan mereka. Ketersediaan informasi pada perpustakaan tersebut menyebarluaskan dan memasarkan informasi yang dimiliki.

Pemasaran jasa perpustakaan mencakup pula pemasaran informasi.  Sejak dulupun sebenarnya  informasi dapat dianggap sebagai suatu komoditas yang dapat diperjual-belikan. Perbedaannya dengan komoditas lain adalah informasi tidak pernah habis dipasarkan. Informasi tetap akan berada pada pemiliknya bahkan bias terus bertambah meskipun pengguna informasi tersebut suatu saat dapat menjadi pesaing. Dengan kata lain, informasi akan makin bertambah jika informasi tersebut makin banyak digunaakan. Sebaliknya komoditas atau suatu benda akan makin menumpuk bila tidak dipasarkan atau digunakan. Apabila dengan adanya teknologi informasi, bertambah pula kekayaan informasi, karena teknologi tersebut membantu dan memudahkan penghimpunan, penyebaran, sirkulasi dan perolehan umpan balik ( Barry Jones, 1983 ).

Perpustakaan dapat dikatakan sebagai suatu lembaga yang membantu orang-orang datang untuk memanfaatkan jasanya. Menurut pengertian ini, perpustakaan tidak dimaksudkan sebagai lembaga yang ingin mencapai tujuan laba, tetapi lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
Pemasaran sebagai fungsi bisnis, mengidentifikasi kebutuhan dan tuntutan yang belum terpenuhi, menentukan siapa pelanggan atau pengguna dari suatu produk atau jasa (yang disebut dengan pasar target) yang dapat dilayani dengan sebaik-baiknya oleh organisasi, menetapkan produk, jasa atau layanan dan program program untuk melayani pasar-pasar tersebut, dan mengundang setiap orang dalam organisasi untuk berfikir dan melayani pelanggan. Jadi suatu definisi praktis dari fungsi pemasaran memasukan tiga segi mengindentifikasi kebutuhan pembeli dan pembeli potensial dalam pangsa pasar mereka,Memuaskan kebutuhan itu dengan menjual jasa atau produk sesuai, membuat laba (Katz, 1991:1).
Pemasaran di perpustakaan tidak memasarkan produk barang, tapi produk jasa, dalam hal ini adalah jasa informasi. Perpustakaan memiliki kekayaan yang bisa dipasarkan didalam kepentingan user/pemakai perpustakaan. Koleksi buku-buku baru,jurnal majalah, dokumen, kliping, jasa layanan peminjaman, jasa layanan penelusuran. Kesemuanya itu merupakan komoditi yang patut dipertimbangkan bagaimana cara memasarkannya.
Menurut Gronroos 1990 terdapat 6 kriteria kualitas jasa  yaitu:
1.      Professionalism and Skills (penyedia jasa memiliki pengetahuan dan ketrampilan  untuk memecahkan masalah)
2.      Attitudes and Behavior (karyawan menaruh perhatian besar untuk membantu dan ramah)
3.      Accessibelity and Flexibility (seluruh sistem, lokasi, jam buka, dirancang untuk memudahkan pelanggan, dan menyesuaikan permintaan pelanggan)
4.      Reliability and Trustworthiness (Apapun yang terjadi telah disepakati, dapat diandalkan menepati janji dan mengutamakan pelanggan)
5.      Recovery (jika terjadi kesalahan maka penyedia jasa akan mengambil tindakan untuk mengendalikan situasi)
6.      Reputation and credibility (Penyedia jasa dapat dipercaya dan memberikan nilai yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan)
5 PENENTU KUALITAS JASA
1.      KEANDALAN: kemampuan untuk melaksanakan jasa dengan terpercaya dan akurat
2.      DAYA TANGGAP: kemauan untuk membantu pelanggandan memberikan jasa dengan cepat
3.      KEPASTIAN: Pengetahuan dan kesopanan petugas, serta kemampuan mereka menimbulkan kepercayaan dan keyakinan
4.      EMPATY: Kesedian untuk peduli, memberi perhatian pribadi pada pelanggan
5.      BERWUJUD: penampilka  fasilitas fisik, peralatan,  personil, dan materi komunikasik

II. MAKSUD DAN TUJUAN


                Adapun maksud dan tujuan dari dilaksanakan dua produk jasa ini adalah :
1.      Untuk lebih memanfaatkan perpustakaan Adab dan Humaniora  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2.      Sebagai salah satu kegiatan promosi di perpustakaan Adab dan Humaniora  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
3.      Agar semakin banyak lagi pemustaka yang datang ke perpustakaan untuk mengenal perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana edukasi atau sarana rekreasi.

III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN


                Waktu                          : Periode Tahun Ajaran 2012/2013
            Tempat                       : Perpustakaan Adab dan Humaniora
                                                  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
                                                  Jl. Ir. H. Juanda No.95, Ciputat, Jakarta





IV.ANALISIS SWOT


1. STRENGTH / KEKUATAN
Kekuatan yang terdapat pada perpustakaan Adab dan Humaniora adalah pada wifi dan koleksinya yang cukup luas sehingga ada ruang yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain di perpustakaan yang juga mendukung program dan visi misi perpustakaan.
2. WEAKNESS / KELEMAHAN
Kelemahan dari perpustakaan Adab dan Humaniora adalah kurangnya ruang baca sempit sehingga yang berkunjung ke perpustakaan terlihat sangat sempit jika terlihat dari depan perpustakaan Adab dan Humaniora
3. OPPORTUNITY / PELUANG
Peluang yang terdapat pada Perpustakaan Adab dan Humaniora adalah pada banyaknya mahasiswa fakultas Adab dan Humaniora dan yang lebih utama mahasiswa yang berhubungan dengan teknologi ini seharusnya dapat memanfaatkan teknologinya di perpustakaan untuk membantu pengmbangan perpustakaan.
Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terhadap perkembangan penting yang akan mempengaruhi perusahaan
4.      THREATMENT / TANTANGAN
Di setiap perpustakaan fakultas memiliki wifi atau bisa dikatakan internet grais. Tetapi disini di fakultas Adab Dan Humaniora memiliki wifi yang sangat memuaskan bagi penggguna dan cepat mengakses data yang dibutuhkan. Jadi bisa memacu untuk datang ke perpustakaan Adab dan Humaniora.




V. STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
Setelah dilakukan analisis SWOT, ternyata banyak terdapat permasalahan yang tentunya harus bisa diselesaikan jika pelaksanaan action plan ini dilaksanakan. Strategi pemecahan masalah ini adalah dengan:
1.      Mampu mengatur waktu dan jadwal pelaksanaan action plan dengan baik sehingga tidak terlalu mengganggu jadwal waktu berkunjung pemustaka
2.      Mampu memberikan pengertian dalam bentuk pengumuman dengan jelas sehingga pemustaka dapat memahami dan cepat beradaptasi dengan action plan yang akan dilaksanakan

VI. BENTUK ACTION PLAN


1.      Jasa  Papan iklan
Maksudnya adalah perpustakaan pada waktu-waktu tertentu bisa saja melaksanakan dalam betuk memasangkan Papan iklan dalam 2 minggu sekali yang kiranya dapat mengajak orang-orang agar berkunjung ke perpustakaan. Sehingga perpustakaan dapat ramai dan sering ke perpustakaan.
2.      Jasa bimbingan diskusi
Jasa ini dimaksudkan untuk memberi waktu dan tempat bagi mahasiswa untuk lebih sering datang ke perpustakaan untuk berdiskusi tentang mata kuliah. Pustakawan sebaiknya mengetahui sedikit tentang Adab dan Humaniora Atau jika tidak mengetahui tentang ilmu-ilmu tentang paling tidak pustakawan mengetahui literatur apa saja yang sesuai tentang Adab dan Humaniora yang tepat untuk didiskusikan.


3.      Serta usulan dalam website Perpustakaan Adab Dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai identitas dari perpustakaan agar lebih dikenal dan memiliki ciri khas dari perpustakaan-perpustakaan fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
VII. MATRIKS ACTION PLAN
NO.
NAMA
ACTION PLAN
WAKTU PELAKSANAAN
TEMPAT PELAKSANAAN
PENANGGUNG JAWAB
SUMBER DANA
KET
1
Jasa papan iklan
-    2minggu sekali
Ruang Baca Perpustakaan Adab dan Humaniora
Kepala Perpustakaan Adab dan Humaniora
Anggaran Perpustakaan

2
Jasa  bimbingan diskusi
1 minggu 1 kali
Ruang Baca Perpustakaan Adab Dan Humaniora
Petugas jaga perpustakaan saat hari tersebut
Anggaran Perpustakaan

3
Pengusulan pembuatan website perpustakaan
Awal tahun pelajaran 2012 - 2013
Perpustakaan Adab dan Humaniora
Kepala Perpustakaan Adab dan Humaniora
Anggaran perpustakaan dan sponsor











VIII. PENUTUP
 
Demikianlah Program Kerja Usulan Action Plan Pemasaran Produk Jasa di Perpustakaan Adab Dan Humaniora Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yang telah saya buat, sebagai bahan pertimbangan Bapak DRS. H. RIZAL SAIFUL HAQ, M.A dalam menyusun program kerja Perpustakaan Adab dab Humaniora pada tahun ajaran 2012/2013 yang akan datang.

Atas perhatian, bantuan serta dukungan Bapak, kami ucapakan terima kasih.

                                                                                       Jakarta , 25 November 2011














LAMPIRAN

ANGGARAN PROGRAM ACTION PLAN JASA INFORMASI PERPUSTAKAAN

DI PERPUSTAKAAN ADAB DAN HUMANIORA
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
 

Pengeluaran :
  1. Jasa  Papan Iklan

Administrasi                                                                          Rp    100.000,-
Pembelian lemari  papan kaca  1 unit                                Rp  2.000.000,-
Publikasi                                                                                 Rp    100.000,-   +
Jumlah Jasa Papan Iklan                                                  Rp 2.200.000,-

  1. Jasa Bimbingan Diskusi

Transport tambahan untuk pembimbing diskusi              Rp    500.000,-
Pangadaan ATK dan pemeliharaan ruang diskusi                        Rp    500.000,-  +
Jumlah Jasa Bimbingan Diskusi                                      Rp  1.000.000,-

  1. Jasa usulan websiteperpustakaan                                 Rp   1.500.000,-


Jumlah Keseluruhan Action plan                                    Rp  3.700.000,-
 

Pemasukan  :

  1. APBN Perpustakaan Sains dan teknologi                                       Rp 2.700.000,-
  2. Donatur dan Sponsor                                                                       Rp 1.000.000 ,-  +
            Jumlah                                                                                               Rp 3.700.000,-
 


LAMPIRAN
GAMBAR DAN PENJELASAN WEBSITE PERPUSTAKAAN ADAB DAN HUMANIORA
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Penjelasan :
v website secara keseluruhan memakai  dengan website senayan, ini dimaksudkan karena perpustakaan Adab dan Humaniora  UIN Syarif hidayatullah Jakarta dapat digunakan oleh siapapun.
v website juga dibuat mirip dengan dengan website senayan agar lebih dimengerti dan dipahami oleh pemakai dengan adanya website  perpustakaan, pemakai bisa  juga digunakan diluar perpustakaan Adab dan Humaniora