Jumat, 20 September 2013

Teknologi bagi Kehidupan Manusia


Teknologi bagi Kehidupan Manusia (http://agiewahyuwinata.blogspot.com/2010/03/teknologi-bagi-kehidupan-manusia.html)

Agie Wahyu Winata | Selasa, 02 Maret 2010


1. 1. Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli

Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

1. 2. Pengertian teknologi secara umum

* proses yang meningkatkan nilai tambah
* produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
* Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi.
Menurut B.J. Habiebie (1983: 14) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu 1) pesawat terbang, (2) maritim dan perkapalan, (3) alat transportasi, (4) elektronika dan komunikasi, (5) energi, (6) rekayasa , (7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan (8) pertahanan dan keamanan.

1. 3. Dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi internet

Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet :

* Dampak Positif

a) Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

b) Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

c) Media untuk mencari informasi atau data perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

d) Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi.

e) Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

f) Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

* Dampak Negatif

a) Pornografi anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.

b) Penipuan hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.

c) Bisa membuat seseorang kecanduan terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.

1. 4. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain :

* Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

* Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

* Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking.

* Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih.

* Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

PERANAN DAN DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
(http://www.itku.co.cc/2009/07/peranan-dan-dampak-penggunaan-teknologi.html)

Diposkan oleh pakdekaryo | Tuesday, July 21, 2009

Teknologi informasi dan telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan sosial, kesehatan serta agama. Untuk mendapatkan dokumen dalam format ms word silahkan download disini.

Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi antara lain:

   1. Peranan TIK dalam dunia pendidikan


Manfaat TIK dalam bidang pendidikan antara lain :

    * Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.

    * Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
    * Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
    * Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
    * Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.

Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi pelajar antara lain :

    * Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
    * Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
    * Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu
    * Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
    * Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.

    Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi penyelenggara pendidikan antara lain :

    * Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain
    * Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta didik
    * Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
    * Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku.
    * Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.

2 .Pemanfaatan TIK dalam bidang bisnis/usaha

    Pemanfaatan TIK sangat membantu kelancaran komunikasi dalam bisnis. Fedex adalah salah satu perusahaan jasa kurir yang memanfaatkan sistem informasi untuk mengawasi sampai dimana barang yang dikirimkan melalui bantuan internet.
    Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru antara lain internet banking, SMS banking, dan e-Commerce.

    Internet banking
    adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan.

GAMBAR    

    Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
    Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain :
    a. Menghemat waktu, karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi
    b. Menghemat biaya, karena transportasi menuju ke bank dapat dihilangkan.
    c. Lebih cepat, karena tidak perlu menunggu antrean yang banyak.

SMS Banking

    Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short Message Service ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.

    E-commerce
    Perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet.
    Keuntungan perdagangan elektronik antara lain :

       1. Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
       2. Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
       3. Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
       4. Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya murah.

    Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain :

        * a. Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang.
        * b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan
        * c. Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan lain di internet.
        * d. Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri tidak ada
        * e. Harga barang lebih murah.

    3. Peranan TIK dalam bidang pemerintahan e-government (electronic government)
    Tujuan e-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain. Bentuk-bentuk hubungan pemerintahan dalam pemanfaatan TIK antaralain :

       1. G2C (government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayanai kependudukan dan administrasi.
       2. G2B (government to business), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
       3. G2G (government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dan sebagainya.

    Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan memiliki keuntungan antara lain :

       1. Meningkatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus menunggu kantor buka.
       2. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi mudah diperoleh.
       3. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan.
       4. Meningkatkan transparansi pemerintahan.


4. Peranan TIK dalam bidang sosial

    Untuk memantau kondisi sosial masyarakat pemerintah memanfaatkan TIK dengan programnya yang disebut ICT4PR (information and Communication Technology for poverty Reduction ).
    ICT4PR membangun pusat-pusat Teknologi informasi dan komunikasi yang disebut telecenter. Manfaat telecenter bagi masyarakat adalah :
    a. Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
    b. Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
    c. Meningkatkan informasi kesehatan
    d. Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat.
    e. Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce


Dampak negatif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi :

    1. Pelanggaran hak cipta

    Hak cipta adalah hak yang diberikan kepada seseorang atau kelompok atas hasil karya atau sebuah ciptaan untuk mengumumkan, memperbanyak, dan menggunakan karya ciptanya.

    Tujuan memberikan hak cipta adalah :

       1. Melindungi kepentingan pencipta atas hasil ciptaannya
       2. Mendorong orang untuk berinovasi untuk menghasilkan karya cipta.
       3. Menciptakan rasa aman bagi setiap orang untuk menghasilkan sebuah karya cipta yang bermanfaat bagi manusia.

    Untuk melindungi warga tentang hasil karyanya pemerintah mengeluarkan undang-undang hak cipta yaitu undang-undang no. 19 tahun 2002.
    Beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi undang-undang antara lain :

       1. Buku, program komputer (software), pamlet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain.
       2. Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan yang sejenis
       3. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
       4. Lagu atau musik dengan atau tanpa teks;
       5. Darama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomim;
       6. Seni rupa dan segala bentuk seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan;
       7. Arsitektur;
       8. Peta;
       9. Seni batik;
      10. Fotografi;
      11. Sinematografi;
      12. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database, dan karya lain dari hasil pengalihwujudan.

    Menurut pasal 1 ayat 8 UU hak cipta, yang dimaksud program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabung dengan media yang dapat dibaca dengan computer akan mampu membuat computer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil khusus, termasuk persiapan untuk merancang instruksi-instruksi tersebut.

    Pasal 72 ayat 3 UU hak cipta menyatakan bahwa barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan / atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
    Pembajakan akan merugikan pemegang hak cipta dan perkembangan teknologi karena :
    a. Mengurangi jumlah uang untuk penelitian dan pengembangan program computer
    b. Mengurangi penyediaan produk penunjang local
    c. Mengurangi kemampuan penyaluran program computer yang sudah ditingkatkan mutunya
    d. Mengurangi hasil penjualan penyalur resmi.

    2 Cybercrime
    Adalah kejahatan atau tindakan melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan sarana computer terutama internet.
    Karakteristik kejahatan internet adalah sebagai berikut :

       1. Kejahatan melintasi batas Negara
       2. Sulit menentukan hokum yang berlaku karena melintasi batas Negara.
       3. Tidak dapat dipastikan hokum Negara mana yang berlaku.
       4. Menggunakan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer dan internet.
       5. Mengakibatkan kerugian yang lebih besar disbanding kejahatan konvensional
       6. Pelaku memahami dengan baik internet, computer, dan aplikasinya.

    Bentuk-bentuk cybercrime antara lain :

       1. Unauthorized acces adalah kejahatan dengan cara memasuki jaringan computer dengan cara yang tidak sah (melakukan penyusupan). Penyusupan untuk mencuri informasi, sabotase pelakunya disebut cracker. Sedangkan penyusupan untuk menguji keandalan suatu system pelakunya disebut hacker.
       2. Illegal contents adalah memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu yang tidak benar dengan tujuan merugikan orang lain maupun menimbulkan kekacauan.
       3. Data forgery adalah memasukkan data yang tidak benar ke dalam internet.
       4. Cyber espiongase and extortion (cyber terrorism) adalah kejahatan dengan cara memasukkan virus/program untuk menghancurkan data pada computer pihak lain.
       5. Offense against intellectual property adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet.
       6. Infringements of privacy adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mendapatkan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia.
       7. Phishing adalah kejahatan dengan cara mengecoh orang lain agar memberikan data pribadinya melalui situs yang disiapkan pelaku.
       8. Carding adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data-data kartu kredit orang lain kemudian digunakan untuk transaksi melalui internet.

    3. Penyebaran virus computer
    Virus computer adalah program kecil yang mampu menggandakan diri dan bersifat merusak computer yang terinfeksi olehnya.
    Sifat dan karakter virus antara lain :
    a. Berukuran sangat kecil
    b. Mampu menggandakan diri
    c. Membutuhkan korban agar tetap hidup
    d. Membutuhkan medium tertentu untuk menyebar.

    Tanda-tanda computer terinfeksi virus :
    a. Computer menjadi lambat
    b. Kinerja memori berkurang
    c. Ruang penyimpan data cepat penuh,
    d. Computer tiba-tiba restart
    e. Ada pesan muncul yang tidak dikehendaki, dan lain-lain.

    Kerugian yang ditimbulkan akibat virus adalah :
    a. Kerusakan / hilangnya data
    b. Kerusakan program computer
    c. Kerusakan hardware computer
    d. Kehilangan banyak waktu dan uang untuk memperbaiki computer
    Cara menghindari agar computer tidak terinfeksi virus :
    a. Menginstal antivirus
    b. Sering meng-update database antivirus
    c. Berhati-hati menjalankan file baru
    d. Mewaspadai kerusakan sejak awal.
    e. Membackup data secara teratur
    f. Selalu melakukan scanning terlebih dahulu sebelum membuka data dari media computer lain.

    Contoh antivirus yang beredar di pasaran antara lain :
    a. Freeware (gratis) : AVG, ANSAV, Anti Vir, ClamAV, Norman AVdll.
    b. Shareware (tidak gratis) : Mc Afee Virus scan, Norton AV, Kaspersky , Norton AV, dll.

    4. Pornografi, perjudian dan penipuan

        * Internet biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan gambar-gambar porno untuk merusak mental sebuah bangsa terutama generasi muda.
        * Perjudian juga marak dilakukan melalui internet, misalnya kasino.
        * Penipuan sering terjadi dilakukan melalui internet dengan cara menawarkan barang yang sangat menarik, namun tidak sesuai dengan kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar