Selasa, 10 September 2013

Tugas 5 Novel Remaja Islam Terbitan Mizan


logo-uin-baru                                              Nama  : Rima Gloria Rizqy
                       Nim     : 108025000041
                       Tugas 5 Novel Remaja Islam Terbitan Mizan

1.       Novel Remaja Islami  Terbitan Mizan

Tema : Biarkan Aku Memulai
Setting:  Di sebuah Perkampungan  atau DI Desa
Karakternya:   bertentangan antara pakde dan keponakannya.
Jalan ceritanya:
 Menurut  Nunik, bagi yang sudah tiada lagi atau dikatakan sudah meninggal dunia hanya wajib mengirimkan doa untuk bapaknya yang sudah tiada agar tenang di alam sana. Sedangkan pakdenya  cara mendoanya dengan mengadakan adanya sesajian  padahal didalam agama islam itu berbau musyrik dan syirik akan tetapi pakde nya tidak mau peduli atas saran Nunik. Karena meurut pakdenya  keluarga nya ini sangat dipandang hormat sama penduduk desa disana. Jadi  pakdenya ini tidak mau keluarga yang dihormati itu memalukan keluarga jika tidak ada sesajian.
Gaya dan tulisan: tulisannya dapat dipahami oleh pembaca.

2.       Novel Remaja Islami Terbitan Mizan

Tema : Rembulan Dimata Ibu
Setting: Di Kota, ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya, dan pulang kekampung halaman.
Jalan ceritanya:
 Diah gemar dalam membaca, dan sampai akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah nya dikota. Tetapi dimata beliau  itu hanyalah kegiatan  yang tak berguna yang tak menghasilkan uang, sedangkan  ibunya sangat bekerja keras dalam pencarian uang. diah hanya bisa terdiam, ibu selalu meremehkan “ tak usah capek-capek,perempuan akan kembali kedapur  juga apapun kedudukannya” .dengan seringnya ibu meremehkan dan berkomentar-komentar yang sangat menyakitkan diah pun mulai berontak ke pada ibunya dan berkata” karena ibu picik” meski batinnya puas. Mesti begitu ia tidak boleh sekasar itu kepada ibunya.  Seingat diah ibu tidak pernah bersikap lembut kepadanya  jangan kan bersikap lembut tersenyum  aja tidak pernah, mengejek ia.
setelah 5 tahun tidak bertemu dengan diah, ibu  berkata” maafkan ibu jika selama ini keras kepadamu  diah, kamu benar ..ibu memang picik! Karena itu ibu tak ingin kau terluka, ibu tak ingin kaukecewa. Sebab itu ibu tak mau memujimu . ibu ingin anak  bungsu  ibu menjadi sosok yang berbeda. Seperti rembulan merah jambu. Ibu menunjukan purnama yang benderang, dan batin diah pun merasa lebih segar.
Karakternya: ibu dan anak  mempunyai prinsip yang berbeda dalam mengarungi kerasnya hidup.
Gaya dan tulisan: tulisannya dapat dipahami oleh pembaca.

3.       Novel Remaja Islami Terbitan Mizan

Tema : Kangen
Setting : Disekolah
Jalan ceritanya:
Anak muda yang tampan itu  ternyata  ia ingin membunuh syakilah, foto yang baru saja ia keluarkan dari amlop berwarna coklat sedang itu  adalah foto syakilah memakai baju putih abu-abu dan mengenakan jilbab berwarna putih yang berkibar .ia menyuruh orang bayaran untuk membunuh syakilah, tetapi pembunuh itu tidak berhasil membunuh syakilah.   Dan kehadiran damar di sekolahnya itu keadaan semakin kacau, karena ketampanan nya membuat para perempuan pada geger melihat ketampanan damar. Ternyata dibalik ketampanan itu adalah damsihar yang ingin mencoba syakilah, dulu teman kecilnya syakilah ia merindukan nya. Damsihar berubah setelah ia kecanduan obat-obat terlarang dan berjudi. Dan ia pun titip salam buat syakilah dari damar alias damsihar.

Karakternya: satu orang yang bertentangan dalam dirinya.
Gaya dan tulisan: mudah mengerti dan dipahami.




4.       Novel Remaja Islami Terbitan Mizan
Tema : Aviredie” petualangan seru di Swiss”
Setting : sekolah
Jalan ceritanya:
ia akan pindah sekolah ke negara swiss bersama bibinya disana, gara-gara ia kebanyakan online. dirinya  merasa hari-hari yang ia lewatkan bersama teman-teman nya saat di sekolah , ia berfikir  apakah disana nanti aku bisa mendapatkan teman seperti  saat aku disini , di negara swiss masih terasa ribet dalam bahasanya, lingkungan, dan suasana disana, dan ia ingin memiliki teman-teman sejati saat ia di Swiss.
                Karakter :
Gaya dan tulisan: tulisannya dapat dipahami oleh pembaca dan bahasanya gaul anak-anak         masa kini dan terdapat footnote.

5.       Novel Remaja Islami Terbitan Mizan

Tema : Haji Dilarang Ketawa
Setting :  ditanah suci dikota Mekkah
Jalan ceritanya: 
                Saat pertama sebelum haji  sampai sesudah haji ia selalu memberikan kekonyolannya terhadap orang lain. Hidupnya yang selalu humor membuat yang lainnya senang dengan ulahnya.
Karakternya: konyol tingkah lakunya
Gaya dan tulisan: mudah mengerti dan dipahami









Tidak ada komentar:

Posting Komentar