Selasa, 14 Desember 2010

PENGANTAR MANAJEMEN PERPUSTAKAAN MADRASAH Pengertian Perpustakaan Madrasah Perpustakaan Madrasah adalah perpustakaan sekolah. Yang pengertian perpustakaan itu sendiri adalah sebuah ruang, sebuah gedung atau bagian dari gedung yang di gunakan untuk menyimpan buku serta terbitan dan bahan pustaka lainnya menurut tata susunan tertentu untuk kepentingan pembaca dan bukan untuk di perjual belikan. Dan menurut IFLA, perpustakaan adalah kumpulan bahan tercetak dan non tercetak atau sumber informasi dalam computer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai. Adapun menurut Sulistio Basuki, perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Dan menurut UNESCO, perpustakaan sekolah adalah kumpulan koleksi dengan ragam yang luas yang menyatu dari bahan-bahan tercetak dan bahan pandang dengar yang diseleksi dengan penuh hati-hati di organisasi dan di indeks menurut subyek agar dapat dengan mudah ditemukan kembali dan digunakan bersama dengan penyediaan layanan konsultasi dan distribusi penyediaan peralatan pokok yang di butuhkan dalam proses belajar mengajar,merangsang dan membantu belajar kelompok, belajar peroranagan dan belajar mandiri. Lebih lanjut dalam manifesto perpustakaan sekolah yang dikeluarkan oleh IFLA/UNESCO dinyatakan bahwa perpustakaan sekolah bertugas menyediakan informasi dan gagasan yang sangat diperlukan untuk dapat berguna dan berfungsi secara baik dalam masyarakat dewasa ini yaitu masyarakat informasi dan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan selain itu perpustakaan sekolah harus memberikan bekal kepada siswa berupa keterampilan belajar sepanjang hidup mengembangkan imajinasi mereka sehingga memungkinkan mereka hidup sebagai warga Negara yang bertanggung jawab. Tugas Pokok dan Fungsi Perpustakaan Madrasah 1. Prevasi, yaitu menyimapan dan menjaga kelestarian produk ilmu dan budaya di lingkungan Madrasah serta mengumpulkan dan menyimpan bahan lain. 2. Informasi, yaitu menjamin lingkungannya terinformasi dengan baik, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan pembelajaran, pelajaran, ilmu, agama dan kehidupan sehari-hari. 3. Pendidikan, yaitu ikut melaksanakan pendidikan baik untuk peserta didik di madrasah, maupun untuk pihak lain didalam dan disekitar Madrasah. 4. Dakwah, yaitu menampilkan perpustakaan Madrasah sebagai suatu unit kerja yang berada di lingkungan Madrasah yang mampu menarik lingkungannya baik peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua murid, masyarakat lingkungannya beramal shaleh dan menjauhkan diri dari perbuatan mungkar dan tercela. 5. Penelitian, yaitu melaksanakan penelitian sesuai dengan tugas dan fungsi perpustakaan Madrasah, serta menyiapkan sarana penelitian, terutama penelitian kepustakaan atau literature. 6. Budaya, yaitu memfasilitasi kreasi budaya dengan kekuatan koleksi dan fasilitas yang di milikinya. 7. Rekreasi, yaitu menyediakan bahan bacaan, bahan audio visual yang dapat di manfaatkan oleh para pengguna untuk memuaskan kebutuhan rekreasinya. Visi, Misi dan Kebijakan Perpustakaan Madrasah 1. Visi “Terwujudnya layanan informasi perpustakaan yang handal di Madrasah menuju system pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan warga Madrasah dan lingkungannya berkembang menjadi manusia yang berkualitas, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah dengan tetap menjaga kepribadiannya”. 2. Misi • Membantu, memfasilitasi dan menyiapkan layanan perpustakaan bagi pengembang potensi peserta didik dan lingkungan Madrasah secara utuh agar mampu belajar mandiri dan terus belajar sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar. • Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis, bertanggung jawab serta tidak mau bergantung pada orang lain. • Menunjang peningkatan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan Madrasah sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap dan nilai berdasarkan standart nasional dan global. • Meninjang dan memfasilitasi pengembangan dan pelaksanaan kirikulum Madrasah berbasis kompetensi; menunjang usaha peningkatan keprofesionalan pendidikan dan tenaga kependidikan; penyediaan informasi dan koleksi perpustakaan serta sumber belajar yang mendidik serta penyelenggaraan pelayana informasi yang terbuka dan merata. 3. Kebijakan Perpusatakaan Madrasah • Menciptakan kepastian terkumpulnya di perpustakaan Madrasah produk informasi dan budaya yang lahir di lingkungan sendiri. • Melaksanakan pengembangan koleksi yang mendukung tugas Madrasah, membantu peserta didik dalam proses belajarnya dengan melaksanakan seleksi dan pengadaan koleksi. • Menyiapkan koleksi yang tersimpan dengan baik, terorganisasi, mudah di temukan dan menyebarluaskan kepada pemakai. • Menyiapkan pemberian layanan kepada pemakai perpustakaan. • Menumbuhkan dan mengembangkan minat, kesenangan dan kebutuhan pembaca pada peserta didik, tenaga kependididkan sejak didni dan senantiasa berkembang selama hayat. • Melaksanakan pendidikan informasi literacy yang membekali peserta didik anggota perpustakaan dengan keterampilan informasi yang berguna baginya untuk menyelesaikan pendidikan dan menjalani kehidupan dalam masyarakat serta di dunia kerja setelah tamat. Unsur-Unsur Utama Perpustakaan Madrasah A. Pengguan Adalah unsur utama pada satu perpusatakaan karena untuk merekalah perpustakaan dibangun dan di kembangkan. Pengguna adalah sasaran utama diselenggarakannya perpustakaan. Pihak-pihak lain yang dapat digariskan dan ditetapkan dalam kebijakan sekolah sebagai perpusatakaan Madrasah yang akan dilayani adalah sebagai berikut: • Siswa Madrasah • Guru Madrasah • Orang Tua Siswa Madrasah • Alumni Madrasah yang bersangkutan • Masyarakat di lingkungan Madrsah • Komite Sekolah Madrasah • Berbagai organisasi yang bekerjasama dengan Madrasah baik dalam hal pendidikan dan keilmuan, maupun kebudayaan, kesenian,olah raga, pengembangan masyarakat. B. Koleksi Pada umumnya koleksi perpustakaan Madrasah dapat di bagi atas beberapa jenis, yaitu : • Koleksi refernsi, yaitu sekumpulan buku atau bahan lain yang berguna untuk mencari informasi yang di perlikan untuk menjawab pertanyaan yang muncul dalam kegiatan sehari-hari, dalam kegiatan belajar atau penelitian. • Koleksi non buku fisik, ialah bahan bacaan yang di kembangkan sesuai dengan kebijakan pengembangan koleksi yang di orientasikan untuk menunjang kurikulum. • Koleksi buku fisik, buku fisik tidak haram di koleksi di perpustakaan Madrasah. • Koleksi serial, yaitu majalah, surat kabar dan bahan terbitan berkala yang lain. Serial adalah bahan yang direncanakan untuk terbit terus-menerus dalam frekwensi tertentu atau tiada beraturan sampai waktu yang tidak terbatas. • Koleksi non buku, dapat berupa rekaman suara, rekaman gambar, rekaman video/film, rekaman file computer, atlas, peta globe, brosur, panflet dan lain-lain. • Koleksi deposit dan buku tandom, koleksi buku deposit adalah koleksi dari karya-karya yang lahir di lingkungan Madrasah yang dapat berupa karya tulis perorangan (siswa, guru dan pihak lain) maupun organisasi (madrasah, komite sekolah/madrasah, OSIS, organisasi orang tua siswa, organisasi alumni dan lain-lain). Buku tandom adalah yang tak dapat di pinjam kepada anggota karena jumlahnya satu atau sangat terbatas akan tetapi kegunaanya tinggi. C. Sumber Daya Manusia Unsur uatama yang ketiga untuk perpustakaa Madrasah adalah SDM. Perhatian terhadap SDM untuk perpustakaan sekolah/madrsah lebih memprihatinkan karena jarang sekali perpustakaan sekolah/madrasah memiliki pustakawan, padahal di tingkat dunia sudah lama berkembang profesi pustakawan sekolah yang bahkan meningkat menjadi pustakawan guru (teacher library). Pustakawan guru adalh pustakawan yang memiliki kopelensi mengajar selain kopelensi menyelenggarakan perpustakaan dan pelayanan informasi. D. Sistem dan Manajemen Penyelenggaraan Sistem-sistem dan manajemen perpustakaan : • Sistem simapan dan temu kembali informasi (katalogisasidan klasifikasi serta sistem pengajaran). • Sistem layanan baca. • Tata tertib perpustakaan. • Sistem layanan on-line dan lain-lain. • Manajemen koleksi. • Manajemen anggaran dan keuangan. • Manajemen sumber daya manusia. • Manajemen kerjasama, komunikasi dan koordinasi. E. Saran Saran perpustakaan meliputi gedung atau ruangan serta perlengkapan perpustakaan yang memiliki spesifikasi khusus untuk pemanfaatan di perpustakaan.

PENGANTAR MANAJEMEN PERPUSTAKAAN MADRASAH

Pengertian Perpustakaan Madrasah
Perpustakaan Madrasah adalah perpustakaan sekolah. Yang pengertian perpustakaan itu sendiri adalah sebuah ruang, sebuah gedung atau bagian dari gedung yang di gunakan untuk menyimpan buku serta terbitan dan bahan pustaka lainnya menurut tata susunan tertentu untuk kepentingan pembaca dan bukan untuk di perjual belikan. Dan menurut IFLA, perpustakaan adalah kumpulan bahan tercetak dan non tercetak atau sumber informasi dalam computer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai. Adapun menurut Sulistio Basuki, perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Dan menurut UNESCO, perpustakaan sekolah adalah kumpulan koleksi dengan ragam yang luas yang menyatu dari bahan-bahan tercetak dan bahan pandang dengar yang diseleksi dengan penuh hati-hati di organisasi dan di indeks menurut subyek agar dapat dengan mudah ditemukan kembali dan digunakan bersama dengan penyediaan layanan konsultasi dan distribusi penyediaan peralatan pokok yang di butuhkan dalam proses belajar mengajar,merangsang dan membantu belajar kelompok, belajar peroranagan dan belajar mandiri. Lebih lanjut dalam manifesto perpustakaan sekolah yang dikeluarkan oleh IFLA/UNESCO dinyatakan bahwa perpustakaan sekolah bertugas menyediakan informasi dan gagasan yang sangat diperlukan untuk dapat berguna dan berfungsi secara baik dalam masyarakat dewasa ini yaitu masyarakat informasi dan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan selain itu perpustakaan sekolah harus memberikan bekal kepada siswa berupa keterampilan belajar sepanjang hidup mengembangkan imajinasi mereka sehingga memungkinkan mereka hidup sebagai warga Negara yang bertanggung jawab.

Tugas Pokok dan Fungsi Perpustakaan Madrasah
1. Prevasi, yaitu menyimapan dan menjaga kelestarian produk ilmu dan budaya di lingkungan Madrasah serta mengumpulkan dan menyimpan bahan lain.
2. Informasi, yaitu menjamin lingkungannya terinformasi dengan baik, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan pembelajaran, pelajaran, ilmu, agama dan kehidupan sehari-hari.
3. Pendidikan, yaitu ikut melaksanakan pendidikan baik untuk peserta didik di madrasah, maupun untuk pihak lain didalam dan disekitar Madrasah.
4. Dakwah, yaitu menampilkan perpustakaan Madrasah sebagai suatu unit kerja yang berada di lingkungan Madrasah yang mampu menarik lingkungannya baik peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua murid, masyarakat lingkungannya beramal shaleh dan menjauhkan diri dari perbuatan mungkar dan tercela.
5. Penelitian, yaitu melaksanakan penelitian sesuai dengan tugas dan fungsi perpustakaan Madrasah, serta menyiapkan sarana penelitian, terutama penelitian kepustakaan atau literature.
6. Budaya, yaitu memfasilitasi kreasi budaya dengan kekuatan koleksi dan fasilitas yang di milikinya.
7. Rekreasi, yaitu menyediakan bahan bacaan, bahan audio visual yang dapat di manfaatkan oleh para pengguna untuk memuaskan kebutuhan rekreasinya.



Visi, Misi dan Kebijakan Perpustakaan Madrasah
1. Visi
“Terwujudnya layanan informasi perpustakaan yang handal di Madrasah menuju system pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan warga Madrasah dan lingkungannya berkembang menjadi manusia yang berkualitas, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah dengan tetap menjaga kepribadiannya”.

2. Misi
• Membantu, memfasilitasi dan menyiapkan layanan perpustakaan bagi pengembang potensi peserta didik dan lingkungan Madrasah secara utuh agar mampu belajar mandiri dan terus belajar sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar.
• Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis, bertanggung jawab serta tidak mau bergantung pada orang lain.
• Menunjang peningkatan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan Madrasah sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap dan nilai berdasarkan standart nasional dan global.
• Meninjang dan memfasilitasi pengembangan dan pelaksanaan kirikulum Madrasah berbasis kompetensi; menunjang usaha peningkatan keprofesionalan pendidikan dan tenaga kependidikan; penyediaan informasi dan koleksi perpustakaan serta sumber belajar yang mendidik serta penyelenggaraan pelayana informasi yang terbuka dan merata.

3. Kebijakan Perpusatakaan Madrasah
• Menciptakan kepastian terkumpulnya di perpustakaan Madrasah produk informasi dan budaya yang lahir di lingkungan sendiri.
• Melaksanakan pengembangan koleksi yang mendukung tugas Madrasah, membantu peserta didik dalam proses belajarnya dengan melaksanakan seleksi dan pengadaan koleksi.
• Menyiapkan koleksi yang tersimpan dengan baik, terorganisasi, mudah di temukan dan menyebarluaskan kepada pemakai.
• Menyiapkan pemberian layanan kepada pemakai perpustakaan.
• Menumbuhkan dan mengembangkan minat, kesenangan dan kebutuhan pembaca pada peserta didik, tenaga kependididkan sejak didni dan senantiasa berkembang selama hayat.
• Melaksanakan pendidikan informasi literacy yang membekali peserta didik anggota perpustakaan dengan keterampilan informasi yang berguna baginya untuk menyelesaikan pendidikan dan menjalani kehidupan dalam masyarakat serta di dunia kerja setelah tamat.


Unsur-Unsur Utama Perpustakaan Madrasah
A. Pengguan
Adalah unsur utama pada satu perpusatakaan karena untuk merekalah perpustakaan dibangun dan di kembangkan. Pengguna adalah sasaran utama diselenggarakannya perpustakaan. Pihak-pihak lain yang dapat digariskan dan ditetapkan dalam kebijakan sekolah sebagai perpusatakaan Madrasah yang akan dilayani adalah sebagai berikut:
• Siswa Madrasah
• Guru Madrasah
• Orang Tua Siswa Madrasah
• Alumni Madrasah yang bersangkutan
• Masyarakat di lingkungan Madrsah
• Komite Sekolah Madrasah
• Berbagai organisasi yang bekerjasama dengan Madrasah baik dalam hal pendidikan dan keilmuan, maupun kebudayaan, kesenian,olah raga, pengembangan masyarakat.

B. Koleksi
Pada umumnya koleksi perpustakaan Madrasah dapat di bagi atas beberapa jenis, yaitu :
• Koleksi refernsi, yaitu sekumpulan buku atau bahan lain yang berguna untuk mencari informasi yang di perlikan untuk menjawab pertanyaan yang muncul dalam kegiatan sehari-hari, dalam kegiatan belajar atau penelitian.
• Koleksi non buku fisik, ialah bahan bacaan yang di kembangkan sesuai dengan kebijakan pengembangan koleksi yang di orientasikan untuk menunjang kurikulum.
• Koleksi buku fisik, buku fisik tidak haram di koleksi di perpustakaan Madrasah.
• Koleksi serial, yaitu majalah, surat kabar dan bahan terbitan berkala yang lain. Serial adalah bahan yang direncanakan untuk terbit terus-menerus dalam frekwensi tertentu atau tiada beraturan sampai waktu yang tidak terbatas.
• Koleksi non buku, dapat berupa rekaman suara, rekaman gambar, rekaman video/film, rekaman file computer, atlas, peta globe, brosur, panflet dan lain-lain.
• Koleksi deposit dan buku tandom, koleksi buku deposit adalah koleksi dari karya-karya yang lahir di lingkungan Madrasah yang dapat berupa karya tulis perorangan (siswa, guru dan pihak lain) maupun organisasi (madrasah, komite sekolah/madrasah, OSIS, organisasi orang tua siswa, organisasi alumni dan lain-lain). Buku tandom adalah yang tak dapat di pinjam kepada anggota karena jumlahnya satu atau sangat terbatas akan tetapi kegunaanya tinggi.

C. Sumber Daya Manusia
Unsur uatama yang ketiga untuk perpustakaa Madrasah adalah SDM. Perhatian terhadap SDM untuk perpustakaan sekolah/madrsah lebih memprihatinkan karena jarang sekali perpustakaan sekolah/madrasah memiliki pustakawan, padahal di tingkat dunia sudah lama berkembang profesi pustakawan sekolah yang bahkan meningkat menjadi pustakawan guru (teacher library). Pustakawan guru adalh pustakawan yang memiliki kopelensi mengajar selain kopelensi menyelenggarakan perpustakaan dan pelayanan informasi.

D. Sistem dan Manajemen Penyelenggaraan
Sistem-sistem dan manajemen perpustakaan :
• Sistem simapan dan temu kembali informasi (katalogisasidan klasifikasi serta sistem pengajaran).
• Sistem layanan baca.
• Tata tertib perpustakaan.
• Sistem layanan on-line dan lain-lain.
• Manajemen koleksi.
• Manajemen anggaran dan keuangan.
• Manajemen sumber daya manusia.
• Manajemen kerjasama, komunikasi dan koordinasi.

E. Saran
Saran perpustakaan meliputi gedung atau ruangan serta perlengkapan perpustakaan yang memiliki spesifikasi khusus untuk pemanfaatan di perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar