Senin, 13 Desember 2010

PERBEDAAN BUKU ASING DAN BUKU NASIONAL

PERBEDAAN BUKU ASING DAN BUKU NASIONAL



BUKU ASING YANG BERJUDUL :

Shenkman, Martin M.
6-hour guide to protecting your assets : how to protect your hard earned assets
from creditors and claimants / Martin M. Shenkman.
p. cm.
Includes index.
ISBN 0-471-43057-9(pbk.)


BUKU NASIONAL YANG BERJUDUL :

COKROAMIJOYO,Bintoro,1931
Manajemen Pembangunan / oleh Bontoro Tjokroamidjojo.
Cet. 2.—Jakarta : Haji Masagung, 1988.

X,209 hal.;21 cm
Indeks.
ISBN 979-412-062-6.
338.9




NO BUKU ASING BUKU NASIONAL
1 Pada buku ini tidak menggunakan hard cover tapi menggunakan soft cover. Pada buku ini menggunakan hard cover.
2 Pada judul buku ini terdapat anak judul yang menjadikan buku ini lebih menjurus ke permasalahan isi buku ini. Pada buku ini tidak terdapat / tidak menggunakan anak judul.

3 Penulisan nama pengarang dalam buku ini tidak di cantumkan nama gelar pengarang. Contoh : Martin M. Shenkman. Penulisan nama pengarang dalam buku ini dicantumkan gelar pengarang / menggunakan. Contoh : Prof.H.BintoroTjokroamidjojo.
4 Nama pengarang ditulis / dicantumkan di bagian tengah cover buku. Nama pengarang ditulis / dicantumkan di bagian paling atas cover buku dan di atas judul buku.
5 Penerbit menggunakan / mencantumkan logo penerbit dan juga nama atau perusahaan yang menerbitkan buku ini. Penerbit tidak menggunakan / tidak mencantumkan logo penerbit hanya mencantumkan nama atau perusahaan yang menerbitkan buku ini.
6 Pada cover buku penerbit tidak mencantumkan nama kota yang menerbitkan buku ini. Pada cover buku penerbit mencantumkan nama kota yang menerbitkan buku ini.
7 Pada belakang cover terdapat berbagai infotmasi lengkap tentang penerbit, alamat penerbit, no telepon penerbit, faximail, e-mail penerbit, dll. Dengan data yang sangat lengkap. Pada belakang cover penerbit hanya mencantumkan alamat penerbit saja.
8 Buku ini telah masuk dalam data Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. Buku ini telah masuk dalam data Perpustakaan Nasional : katalog dalam terbitan (KDT).
9 Library of Congress Cataloging-in-Publication Data ini terdapat di balik cover dan di tulis di bagian paling bawah. Perpustakaan Nasional : katalog dalam terbitan (KDT) terdapat di balik cover dan di tulis di bagian paling atas.
10 Letak undang-undang tentang hak cipta buku ini terdapat di balik cover judul dan ditulis pada bagian tengah. Letak undang-undang tentang hak cipta buku ini terdapat di balik cover buku dan ditulis pada bagian bawah.
11 Pada belakang cover judul terdapat nama tempat Negara yang mencetak buku ini bukan nama kotanya. Pada belakang cover judul terdapat nama tempat kota yang mencetak buku ini bukan nama Negaranya.
12 Pada buku ini penulis juga membuat catatan tentang buku ini yang di dedikasihkan untuk istrinya. Pada buku ini penulis tidak membuat catatan tentang buku ini.
13 Pada penulisan kata pengantar dalam buku ini sangatlah singkat. Pada penulisan kata pengantar dalam buku ini sangat lengkap dan juga sangat berbobot.
14 Angka romawi diawali / ditulis pada awalan (vii). Angka romawi diawali / ditulis pada awalan (v).
15 Angka romawi pada awalan ditulis pada daftar isi bagian kanan bawah. Angka romawi pada awalan ditulis pada kata pengantar bagian kanan bawah.
16 Angka romawi berpindah tempat pada angka (viii) yang berada pada pojok kiri atas lalu ke kanan bagian atas dan sampai seterusnya. Angka romawi tidak ada yang berpindah tempat tetap pada bagian kanan bawah.
16 Angka romawi ditulis dari angka (vii – xiii). Angka romawi ditulis dari angka (v – x ).
17 Di dalam daftar isi buku ini terdiri dari 4 bagian isi buku. Di dalam daftar isi buku ini terdiri dari 14 bagian isi buku.
18 Halaman pada buku ini hingga 281 halaman. Halaman pada buku ini hingga 208 halaman.
19 Di dalam daftar isi buku ini halaman telakhir yaitu indeks dan tidak ada riwayat hidup singkat pengarang. Di dalam daftar isi buku ini terdapat indeks dan riwayat hidup singkat pengarang.
20 Pada penulisan katalog dalam terbitan tidak dituliskan cetakan ke berapa, kota terbit, penerbit , tahun terbit, sampai berapa angka romawi, berapa halaman, tinggi buku dan juga no klasifikasi buku. Pada penulisan katalog dalam terbitan buku ini sudah tercantumkan semua sesuai dengan srandar AACR.
21 Buku ini terbit pada tahun 2003 Buku ini terbit pada tahun 1988.
23 Kwalitas kertas dan juga tinta dalam buku ini sangat bagus karena kertas tidak cepat menguning dan tinta tidak cepat pudar. Kwalitas kertas dan juga tinta dalam buku ini sangat standar Karena kertas sudah menguning dan tinta sudah mulai pudar.
24 Saat akhir kata pengantar tidak mencantumkan nama pengarang, tanggal, bulan dan tahun kapan kata pengantar itu di buat. Pada akhir kata pengantar tercantum nama pengarang, tanggal, bulan dan tahun kapan kata pengantar itu dibuat.
25 Pada pencantuman nomor halaman berada diatas pojok kiri lalu kanan dan seterusnya. Pada pencantuman nomor halaman berada di bagian pojok bawah kiri lalu kanan dan seterusnya.
26 Dalam penggunaan bahasa penulisannya adalah bahasa asing atau bahasa Inggris Dalam penggunaan bahasanya dalam penulisan menggunakan bahasa nasional atau bahasa Indonesia.




PERSAMAAN BUKU ASING DAN BUKU NASIONAL

1. Memiliki cover.
2. Memiliki judul.
3. Adanya nama pengarang pada cover buku.
4. Adanya nama penerbit pada cover.
5. Adanya alamat penerbit
6. Adanya tahun terbit buku.
7. Adanya undang – undang tentang hak cipta buku.
8. Adanya katalog dalam terbitan.
9. Adanya nama kota atau nama Negara yang menjadi tempat terbitan buku ini.
10. Adanya penulisan cetakan ke berapa buku ini.
11. Adanya kata pengantar.
12. Terdapatnya angka romawi.
13. Adanya daftar isi buku.
14. Adanya indeks buku.
15. Adanya ISBN pada buku.
16. Sama – sama buku tentang ekonomi.
17. Sama – sama buku kumpulan karangan.


KOMENTAR TENTANG PERBEDAAN DAN PERSAMAAN BUKU ASING DAN BUKU NASIONAL

PERBEDAANYA :
Menurut saya, antara dua buku yang berbeda ini sangatlah wajar jika berbeda cara penulisannya karena dua buku ini tempat terbit dan penulisanya berbeda Negara dan berbeda Benua jadi aturan – aturan yang menjadi patokan penulisan buku pun jadi berbeda meskipun sudah ada ANGLO – AMERICAN CATALOGUING RULES (AACR). Hanya saja sepertinya para penulis ingin membuat buku yang berbeda agar menjadi sangat khas dari mana buku ini berasal atau dari Negara mana buku ini karena di dalam buku asing dan buku nasional sangatlah khas perbedaanya. Seperti dalam penggunaan bahasa dalam tulisannya yang satu menggunakan bahasa Indonesia dan yang satu menggunakan bahasa Inggris. Jadi tidak masalah bagi saya bila buku ini berbeda karena perbedaan itulah kita bisa belajar tentang indentifikasi buku – buku yang ada di dunia ini.


PERSAMAANYA :
Menurut saya, persamaan buku Asing dan buku Nasional tidak terlalu banyak karena antara buku ini penulisan dan penerbitannya pun berbeda jadi hanya beberapa penulisan yang sama. Dari persamaan itulah kita menjadi tau bahwa dalam membuat buku itu tidaklah mudah. Dalam persamaan buku ini sangatlah standard hanya bagian – bagian yang sederhana tetapi sangatlah penting. Jadi persamaan ini juga tidak menjadi patokan bahwa buku ini layak dibaca atau terdaftar sebagai salah satu buku yang bagus atau best seller hanya saja dengan adanya ANGLO – AMERICAN CATALOGUING RULES (AACR) yang menjadi satu peraturan tentang pengkatalogan buku se Dunia yang mengacu pada peraturan ini. Dan menurut saya, tidak ada buku yang sama persis cara penulisan atau bagian – bagian yang ada dalam buku manapun hanya ada beberapa bagian tulisan yang sama.
Demikianlah tugas – tugas saya yang saya telah buat dengan cara berfikir saya sendiri. Bila ada kesalahan mohon untuk di maklumi karena tugas – tugas ini masih dalam tahap / proses penbelajaran. Saya ucapkan Terima Kasih.

Jakarta, 8 September 2009.


( Danang Nur Cahyadi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar