Selasa, 06 Maret 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah               : SMA MIFTAHUSSA’ADAH
Mata Pelajaran             : PENJASORKES
Kelas/Semester                        : X (Sepuluh) / 2
Standar Kompetensi     : 1.  Mempraktekan berbagai teknik dasar permainan olahraga, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mempraktekan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan sepak bola lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan.
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
-siswa dapat melakukan teknik dasar mengumpan,menendang, menahan dan menggiring bola
-siswa dapat melakukan permainan sepak bola dengan variasi dan kombinasi dalam mengumpan,menendang, menahan dan menggiring bola
-siswa dapa bermain bola dengan bekerjasama dengan menumbuhkan sikap sportifitas yang tinggi

v  Karakter siswa yang diharapkan : - Percaya diri,toleransi, sportif, menghargai lawan

2.      Materi Pembelajaran
            -teknik dasar menendang, mengumpan dan menggiring bola
            -latihan variasi dan kombinasi teknik menendang, menggiring dan menahan bola
            -bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
3.      Metode Pembelajaran:
-          Demonstrasi
-          Permainan ( games )

4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1 dan 2
Apersepsi :
·         Berdoa
·         Salam
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan sepak bola
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    • Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik untuk selalu berlatih permainan sepak bola
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberikan peserta didik untuk dapat melakukan permainan sepak bola sesuai dengan peraturan yang berlaku
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan penilaian kepada peserta didik
F  Memberikan apresiasi terhadap peserta didik
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakuka.


C. Kegiatan Penutup
  • Pendinginan (colling down)
  • Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
  • Berbaris dan berdoa
5.      Sumber belajar
a.       PENJASORKES (buku sekolah elektronik ) Diknas
b.      PENJASORKES (Putra Angkasa)


6.      Penilaian
  1.  
    1. 1. Teknik dan Bentuk Penilaian
    2. a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)
No
Nama Siswa
Mengumpan
Mengontrol
Menggiring
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%
Jumlah skor maksimal
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 20 kali
…… > 16 kali
100%
Sangat Baik
16 – 19 kali
13 – 15 kali
90%
Baik
12 – 15 kali
9 – 12 kali
80%
Cukup
8 – 11 kali
6 – 8 kali
70%
Kurang
……. <  8 kali
……. <  6 kali
60%
Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 20 kali
…… > 15 kali
100%
Sangat Baik
16 – 19 kali
12 – 14 kali
90%
Baik
11 – 14 kali
8 – 11 kali
80%
Cukup
7 – 10 kali
5 – 7 kali
70%
Kurang
……. <  7 kali
……. <  5 kali
60%
Kurang Sekali
  1. b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
2.
3.
4.
5.
dst
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%
Jumlah skor maksimal
  1. c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
2.
3.
4.
5.
dst
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan teknik-teknik menendang bola permainan sepakbola!
2.
Jelaskan yang dimaksuk dengan off-side permainan sepakbola!
3.
Jelaskan cara melakukan menendang bola!
4.
Jelaskan cara melakukan menggiring bola!
5.
Jelaskan cara melakukan menggiring, mengontrol dan mengumpan bola!
  1. 2. Rekapitulasi Penilaian
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara        = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                   = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara              = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara     = Kurang dari 60%










Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



(  Aminah S.Ag  )
NIP /NIK :  ......................................
Tangerang,18 Januari 2012
Guru Mapel PENJASORKES




(  Nuryadin )
NIP /NIK :  ..............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar